Pelaksanaan Layanan Penguasaan Konten Bagi Siswa di SMP N I IV Koto Tuo

Serli Ayu Lestari, 2614052 (2018) Pelaksanaan Layanan Penguasaan Konten Bagi Siswa di SMP N I IV Koto Tuo. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover skripsi-sherly.pdf

Download (16kB)
[img] Text
abstrak skripsi-sherly.pdf

Download (7kB)
[img] Text
032c7-skripsi-sherly.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Pembahasan dalam skripsi ini bertitik tolak dari pokok permasalahan yaitu dalam pelaksanana layanan Penguasaan Konten itu sendiri jarang dilakukan, di karenakan guru pembimbing lebih sering melaksanakan layanan lain seperti layanan informasi, layanan konseling Individual serta guru pembimbing hanya memegang Kelas IX, Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk melihat signifikan atau tidaknya pengaruh pelaksanaan layanan penguasaan konten bagi siswa. Masalah yang akan timbul jika siswa yang baru bergabung di jenjang pendidikan sekolah menengah pertama (SMP) baru merasakan peralihan dari suasana sekolah dasar (SD) dengan begitu mereka perlu mendapatkan materi-materi yang berkenaan dengan keterampilan dalam belajar. Sehingga tidak lagi mengalami gangguan dalam keterampilan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pra exsperimen (eksperimen semu), dimana desain eksperimen semu yang penelitiannya memakai yaitu pre-test, post-test, control group desain., serta diberikan pre-test sebelum diberikan perlakuan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa yang berjumlah 135 orang. Sampel penelitian sebanyak 54 siswa yang terdiri dari kelompok eksperimen dan kontrol. Alat yang digunakan untuk mengukur pelaksanaan layanan penguasaan konten adalah angket pelaksanaan layanan penguasaan konten yang telah divalidasi. Dari perhitungan diperoleh deskripsi pelaksanaan layanan penguasaan konten pre-test bagi kelompok eksperimen memiliki rata-rata 95,93, nilai ini tergolong pada kriteria baik. Sementara nilai poss-test kelompok eksperimen memiliki rata-rata 102,30 nilai ini mengalami peningkatan dan tergolong pada kriteria baik. Nilai hasil pre-test kelompok kontrol memiliki rata-rata 91,59 nilai ini tergolong pada kriteria cukup. Sedangkan nilai hasil poss-test kelompok kontrol memiliki rata-rata 91,89, ini tergolong kriteria cukup. Penghitungan dari uji statistik thitung adalah 8,954, dengan df N-2 yaitu 54-2=52 maka didapatkan ttabel 2,0066 dengan membandingakan thitung dan ttabel maka thitung > ttabel sehingga ho ditolak dan ha diterima. Dapat disimpulkan adanya pengaruh pelaksanaan layanan penguasaan konten bagi siswa di SMP N I IV Koto Tuo. Dilihat dari perbandingan hasil pretest dan post-test kelas eksperimen, hasil pre-test dengan jumlah meannya 95,93 / 64,56392 % dan hasil post-test dengan jumlah meannya 102,30 / 85,99761 % maka persentase pengaruh pelaksanaan layanan penguasaan konten tersebut 6,37 maka Ho di tolak dan Ha di terima. Hendaknya sekolah memberikan jam khusus untuk BK sehingga guru BK dapat memberikan materi sesuai dengan kebutuhan siswa, dan memanfaatkan layanan penguasaan konten bagi siswa di SMP N I IV Koto Tuo, untuk meningkatan keterampilan-keterampilan belajar siswa.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 12 Nov 2025 02:50
Last Modified: 12 Nov 2025 02:50
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/802

Actions (login required)

View Item View Item