Ficki Fernandes, 2612157 (2018) Upaya Guru Pembimbing dalam Mengembangkan Nilai Moral Siswa Di SMK Pembina Bangsa Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover ficki-fernandes-2612.157.pdf Download (189kB) |
|
|
Text
abstrak ficki-fernandes-2612.157.pdf Download (60kB) |
|
|
Text
8f44e-ficki-fernandes-2612.157.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Masalah pokok dalam penelitian ini adalah upaya yang dilakukan guru pembimbing dalam mengembangkan nilai moral belum masksimal berdampak pada perilaku siswa di SMK Pembina Bangsa Bukittinggi yang belum menerapkan perilaku bermoral dalam aspek sopan santun . Adapun rumusan masalah dari penelitian ini yaitu bagaimana upaya guru pembimbing mengembangkan nilai moral pada aspek sopan santun siswa di SMK Pembina Bangsa Bukittinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh guru pembimbing dalam mengembangkan nilai moral pada aspek sopan santun siswa di SMK Pembina Bangsa Bukittinggi. Kegunaan penelitian ini secara teoritis diharapkan penelitian ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan mengembangkan nilai moral siswa dan secara praktis diharapkan dalam penelitian ini dapat memberikan masukan kepada pihak sekolah dalam mengembangkan nilai moral siswa, untuk referensi umum bagi tenaga pendidik terutama guru pembimbing dan sebagai bahan rujukan dalam memahami nilai moral siswa Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yaitu penelitian yang menghasilkan data berupa kata-kata tertulis dari manusia dan perilaku yang diamati. Informan dalam penelitian ini yaitu satu orang guru pembimbing dan tiga orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan oleh guru pembimbing dalam mengembangkan nilai moral pada aspek sopan santun siswa adalah guru pembimbing melakukan layanan informasi yang dilakukan baik secara individu dan kelompok, layanan penguasaan konten yang dilakukan secara individu maupun kelompok, dan kegiatan pendukung yaitu berupa tampilan kepustakaan yang mana upaya yang dilakukan bersifat pencegahan atau disebut juga upaya preventif. Selanjutnya, yaitu dengan memberikan layanan konseling perorangan, memberikan hukuman yang mendidik kepada siswa, dan melakukan kerjasama dengan pihak-pihak terkait yaitu dengan wali kelas, guru mata pelajaran, wakil kesiswaan, kepala sekolah, dan orang tua dalam mengembangkan nilai moral pada aspek sopan santun siswa, upaya yang dilakukan ini bersifat memperbaiki atau mengobati permasalahan yang terjadi, disebut juga dengan upaya kuratif. Kemudian, upaya selanjutnya yaitu dengan memberikan layanan bimbingan kelompok dan penguatan berupa pujian dan kata motivasi untuk mempertahankan dan mengembangkan tingkah laku yang sudah normatif kepada siswa, upaya ini bertujuan untuk menjaga keadaan yang telah baik agar tetap baik atau disebut juga dengan upaya preservatif.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | B Filosofi. Psikologi. Agama > BJ Ethics L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 12 Nov 2025 02:50 |
| Last Modified: | 12 Nov 2025 02:50 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/804 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

