Mia Indriani, 2613142 (2018) Hubungan Metode Belajar Dengan Prestasi Belajar Siswa di SMP N 2 Kamang Magek. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover skripsi-full-mia-indriani.pdf Download (71kB) |
|
|
Text
abstrak skripsi-full-mia-indriani.pdf Download (87kB) |
|
|
Text
2a3a9-skripsi-full-mia-indriani.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di SMP N 2 Kamang Magek siswa kelas VII terlihat beberapa orang siswa pada umumnya hanya belajar saat akan menghadapi ujian atau ulangan, beberapa orang siswa malas bertanya pada guru tentang hal yang tidak dimengertinya, beberapa orang siswa tidak memperhatikan saat guru menjelaskan materi pelajaran, sering keluar masuk saat jam pelajaran berlangsung, beberapa orang siswa kurang minat untuk belajar, beberapa orang siswa memperoleh nilai di bawah batas KKM sehingga menyebabkan prestasi belajar yang diperoleh rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan besar hubungan metode belajar siswa dengan prestasi belajar siswa SMP N 2 Kamang Magek. Penelitian ini tergolong pada penelitian korelatif yaitu menghubungkan dua buah variabel yang berbeda. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP N 2 Kamang Magek sejumlah 60 orang. Sampel penelitian berjumlah 60 orang siswa yang diambil dengan menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen angket dengan skala Likert dan teknik analisis data menggunakan statistik sederhana. Pengkorelasian variabel penelitian menggunakan rumus r Product Moment, dan koefisien determinasi, dengan teknik analisis data menggunakan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan antara metode belajar dengan prestasi belajar siswa SMP N 2 Kamang Magek. Ini dibuktikan dengan diterimanya hipotesis alternatif dan ditolaknya hipotesis nihil yang terlihat dari hasil perhitungan r hitung besar dari r tabel dengan taraf signifikan 0,05. Dimana nilai r hitung adalah sebesar 0,311 dan r tabel 0,266. Sedangkan besar hubungan metode belajar siswa dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP N 2 Kamang Magek terlihat dari nilai koefisien determinasi antara variabel metode belajar (X) dan prestasi belajar siswa (Y) sebesar 9,67%. Dilihat dari tabel r xy yang diperoleh adalah 0,311 terletak antara 0,20-0,399, maka diperoleh suatu interpretasi bahwa metode belajar memiliki hubungan yang lemah atau rendah dengan prestasi belajar siswa kelas VII SMP N 2 Kamang Magek. Tetapi tetap saja memberikan keterkaitan hubungan dengan prestasi belajar siswa, yaitu besarnya korelasi yang ditimbulkan oleh metode belajar didapatkan hasil determinasi 9,67%, sedangkan 90,33% dipengaruhi oleh faktor lain seperti faktor internal dan faktor eksternal dari siswa itu sendiri
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikolodi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 13 Nov 2025 04:26 |
| Last Modified: | 13 Nov 2025 04:26 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/847 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

