Yulia Putri Satria, 2611056 (2018) Perilaku Sosial Siswa Korban Broken Home di SMK N I Kec. Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover YULIA PUTRI SATRIA.pdf Download (95kB) |
|
|
Text
abstrak YULIA PUTRI SATRIA.pdf Download (7kB) |
|
|
Text
fulltext YULIA PUTRI SATRIA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Di dalam suatu keluarga tidak jarang terjadi suatu perselisihan dan keributan antara sesama anggota keluarga. Setiap keluarga yang mengalami Broken Home biasanya akan berdampak pada anak-anaknya. Selian itu, kondisi keluarga yang tidak kondusif bisa juga berdampak pada emosi, sikap dan perilaku anak sehingga anak cenderung mencari perhatian dari lingkungan sekitarnya. Berdasarkan data yang penulis dapatkan dari Guru BK di SMK N I Kec. Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota, terdapat sekitar 5 orang siswa yang mengalami masalah Broken Home. Untuk itu penulis merasa tertarik untuk mengetahui lebih jauh dan meneliti tentang Perilaku Sosial, khususnya tentang Bentuk-Bentuk Perilaku Sosial Siwa Broken Home di SMK N I Kec. Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dengan menggambarkan kejadian yang ada di lapangan secara sistematis. Informan dalam penelitian ini adalah Siswa korban broken home dan Guru Bimbingan Konseling yang mengajar di SMK N I Kec. Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota. Penulis mengumpulkan data dengan teknik observasi dan wawancara. Kemudian data-data yang diperoleh diolah dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif analitik dan triangulasi data dengan membandingkan data yang diperoleh dari observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan perilaku sosial yang ditunjukkan oleh siswa korban broken home di SMK N I Kec. Guguak Kabupaten Lima Puluh Kota sudah berusaha menunjukkan sikap yang baik, meskipun ada beberapa sikap yang masih menunjukkan perilaku yang kurang baik dan masih perlu bimbingan dari orang lain seperti guru dan orang tua agar lebih baik lagi. Dalam bentuk kecenderungan perilaku peran di sekolah masih tergolong kurang, hala ini dapat dilihat dari keberanian yang masih kurang, kepatuhan terhadap peraturan, kurangnya inisiatif dalam belajar dan belum mandiri dalam membuat tugas-tugas sekolah. Dilihat dari kecenderungan perilaku dalam hubungan sosial bisa dikatakan cukup bagus. Hal ini terlihat dari penerimaan teman-teman mereka terhadap kondisi keluarga yang mereka alami, mereka juga tidak mengalami kesulitan dalam hal bergaul dengan teman, mereka juga cukup ramah dan berusaha bersikap ramah terhadap orang lain, serta mampu menunjukkan rasa simpatik terhadap teman yang mendapat musibah atau kesulitan. Dilihat dai kecenderungan perilaku ekspresif, mereka tergolong kurang mampu menampilkan perilaku yang seharusnya, hal ini terlihat dari tidak adanya keinginan untuk bersaing dan menjadi yang terbaik di kelas, mereka sensitive dan cukup agresif, mereka tidak bisa bersikap tenang dan kalem bahkan mereka melakukan hal-hal yang tidak seharusnya untuk menarik perhatian guru dan teman-temannya.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | H Ilmu Sosial > HQ The family. Marriage. Woman L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1027.5 Bimbingan dan Konseling Siswa L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB3011 Manajemen dan disiplin sekolah H Ilmu Sosial > HM Sosiologi (Umum) > HM1001 Psikologi sosial |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 17 Nov 2025 07:07 |
| Last Modified: | 17 Nov 2025 07:07 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/862 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

