Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi Dan Aktivitas Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas V di SDN 05 Air Santok Kecamatan Pariaman Timur.

Dertha Mukhtar, 20116046 (2018) Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Video Animasi Dan Aktivitas Terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas V di SDN 05 Air Santok Kecamatan Pariaman Timur. Magister thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
4b668-tesis-dertha-mukhtar-201.16.046.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang masalah, guru PAI di SDN 05 Air Santok belum pernah menggunakan sarana seperti laptop dan infokus, sehingga menjadikan penggunaan media pembelajaran video belum pernah digunakan sedangkan sarana yang menunjang media video ada di sekolah tersebut. seperti halnya dalam pembelajaran materi pengenalan nama malaikat dan beserta tugasnya di kelas V, seringkali guru merasa susah menerangkan karena dalam menerangkan cukup menggunakan buku cetak dan media papan tulis, sehingga menjadikan pembelajaran kurang menggairahkan. Akibatnya ketika ditanya kembali, seringkali siswa menyebutkan terbalik antara malaikat dan tugasnya. Berarti ada masalah fokus siswa yang kurang dalam mencerna materi nama malaikat serta tugasnya. Penggunaan media yang umum seperti buku cetak dan papan tulis sudah menjadi hal biasa dan bisa menimbulkan kejenuhan oleh siswa. Jenis Penelitian ini adalah Experimental Research dengan disain penelitian Factorial design 2x2 Populasi Penelitian ini adalah Siswa Kelas V di di SDN 05 Air Santok Kecematan Pariaman Timur. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas eksperiment dimana pembelajaran menggunakan media Pembelajaran Video Animasi dan kelas kontrol tanpa menggunakan media Pembelajaran Video Animasi. Sampel penelitian adalah kelas V.a sebagai kelas eksperiment dan kelas V.b sebagai kelas kontrol dengan memakai teknik random sampling. Data dikumpulkan melalui observasi dan tes hasil belajar, dianalisis dengan Uji Normalitas, Uji Homogenitas dan menggunakan Uji T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Hasil belajar siswa dengan menggunakan media Video Animasi lebih tinggi dari hasil belajar siswa dengan media audio. Hasil belajar siswa yang memiliki aktivitas tinggi dengan media Video Animasi lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang memiliki aktivitas tinggi dengan media audio. Hasil belajar siswa yang memiliki aktivitas rendah dengan media Video Animasi lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang memiliki aktivitas rendah dengan media audio. Terdapat interaksi antara media Video Animasi dan aktivitas terhadap hasil belajar siswa.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Magister)
Keywords: Media Pembelajaran Video Animasi, Aktivitas Belajar, Hasil belajar
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam S2
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 02 Jul 2025 04:30
Last Modified: 02 Jul 2025 04:30
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/87

Actions (login required)

View Item View Item