Metode Pembelajaran Yang Dilakukan Guru Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Dalam Pelaksanaan Full Day School di SD IT Cahaya Hati Bukittinggi

Riri Asrida, 2614074 (2018) Metode Pembelajaran Yang Dilakukan Guru Untuk Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Dalam Pelaksanaan Full Day School di SD IT Cahaya Hati Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover RIRI ASRIDA.pdf

Download (64kB)
[img] Text
abstrak RIRI ASRIDA.pdf

Download (556kB)
[img] Text
fulltext RIRI ASRIDA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini menjelaskan bahwa Sekolah Dasar (SD) Islam Terpadu (IT) Cahaya Hati Bukittinggi adalah salah satu sekolah yang memakai program pembelajaran full day. Sekolah full day tidak terlepas dari kejenuhan siswa saat belajar. Karena memiliki waktu sekolah yang cukup lama dibandingkan dengan sekolah umum pada biasanya. Faktor penyebab siswa mengalami kejenuhan adalah karena kelelahan, bosan, mengantuk, lemas, tidak bersemangat untuk belajar, dan metode belajar yang tidak bervariasi. Rumusan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode pembelajaran yang dilakukan guru untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa dalam pelaksanaan full day school di SD IT Cahaya Hati Bukittinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui metode pembelajaran apa saja yang digunakan guru dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa. Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui observasi dan wawancara. Data yang terkumpul dianalisis dengan reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan. Data yang diperoleh diuji keabsahannya dengan triangulasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa ada beberapa metode pembelajaran yang dilakukan guru untuk mengatasi kejenuhan siswa diantaranya adalah metode ceramah, tanya jawab,demonstrasi, bermain peran, karya wisata, kerja kelompok, drill (latihan), dan pemberian tugas. Tetapi dalam setiap metode pembelajaran yang diberikan menggunakan cara yang berbeda-beda dalam pengaplikasiannya. Selain itu cara mengatasi kejenuhan belajar yang dirasakan siswa tersebut dapat dilakukan dengan memberikan siswa stimulus dan motivasi khususnya bagi anak yang dalam keadaan jenuh belajar, pemberian reward atau hadiah oleh guru agar siswa semangat dan merasa terpacu untuk mendapatkan hadiah tersebut, melakukan berbagai kegiatan di luar kelas seperti belajar di alam, market day, out door, dan melakukan kegiatan ektrakurikuler sesuai dengan bakat dan kemauannya

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1501 Pendidikan dasar
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB3011 Manajemen dan disiplin sekolah
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 24 Nov 2025 02:58
Last Modified: 24 Nov 2025 02:58
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/894

Actions (login required)

View Item View Item