Oktavianis, 2615116 (2020) Penggunaan Teknik Modelling Dalam Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Kemandirian Siswa di SMA Negeri 1 Dua Koto Pasaman. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover skripsi-full-oktavianis.pdf Download (11kB) |
|
|
Text
abstrak skripsi-full-oktavianis.pdf Download (7kB) |
|
|
Text
803b9-skripsi-full-oktavianis.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini beranjak dari fenomena terdapatnya siswa yang mengalami kemandirian belajar yang kurang baik dimana siswa dalam belajar siswa meminta bantuan kepada temannya untuk mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, bukan hanya di sekolah saja, suka mencontek, bertanya kepada teman saat sedang ujian atau ulangan di tunjukkan dengan ciri-ciri fisik yang terlihat pada saat siswa sedang ujian atau ulangan tidak tenang dan selalu berbisik dengan temannya meminta contekkan, dan hal di atas tidak menunjukkan ciri kemandirian yang diharapakan. Indikator kemandirian sendiri yaitu bisa menentukan tujuan belajarnya, bisa menemukan sumberbelajar sendiri, dan bisa menilai kemampuan belajarnya, untuk meningkatkan kemandirian belajar tersebut guru BK berupaya mengatasinya melalui beberapa jenis layanan salah satunya dengan layanan konseling kelompok namun hasilnya belum optimal. Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan teknik modelling dalam konseling kelompok untuk meningkatkan kemandirian siswa di SMA Negeri 1 Dua Koto Pasaman. Penelitian ini tergolong penelitian pre eksperimen model One Group Pretest Posttest Design. Populasi adalah beberapa siswa kelas X IPS yang berjumlah 135 orang, untuk pengambilan sampel yaitu siswa-siswa yang terindikasi memiliki kemandirian belajar yang rendah berdasarkan teknik non random sampling dan rekomendasi guru BK. Instrumen pengumpulan data adalah skala likert. Teknik analisis data menggunakan uji wilcoxon, sedangkan persyaratan analisis data menggunakan uji hipotesis dengan Statistical Product and Service Solution (SPSS) versi 20 Hasil penelitian yang telah dilakukan terdapat perbedaan antara nilai pretest dan nilai postest. Dari hasil test statistik diketahui bahwa hasil asymp sig (2 tailed) diperoleh nilai sebesar (0,005) yang berarti lebih kecil dari alpha (0,05). Maka dapat dikatakan Ha diterima, yaitu terdapat peningkatan kemandirian siswa melalui teknik modelling dalam konseling kelompok.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Teknik Modelling, Konseling Kelompok, Kemandirian Belajar |
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1027.5 Bimbingan dan Konseling Siswa L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 02:58 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 02:58 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/898 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

