Kontribusi Pemanfaatan Internet terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK Negeri 3 Panyabungan Mandailing Natal

Nur Cahaya, 2517030 (2025) Kontribusi Pemanfaatan Internet terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X pada Mata Pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital di SMK Negeri 3 Panyabungan Mandailing Natal. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Nur Cahaya 2517030 cover.pdf

Download (192kB)
[img] Text
Nur Cahaya 2517030 abstrak.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Nur Cahaya 2517030 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar Pemanfaatan Internet terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMK Negeri 3 Panyabungan Mandailing Natal. Internet adalah jaringan yang luas yang memiliki banyak sekali manfaatnya. Salah satu manfaatnya dapat digunakan untuk mencari dan mempelajari materi pembelajaran. Tetapi di SMK Negeri 3 Panyabungan Mandailing Natal proses pembelajaran belum begitu memanfaatkan internet. Proses pembelajaran yang digunakan guru masih kurang inovatif sehingga membuat siswa merasa bosan. Siswa juga tidak memanfaatkan internet untuk memperdalam ilmu melainkan sebagai hiburan seperti sosial media dan bermain hal tersebutlah yang membuat hasil belajar menurun. Penelitian menggunakan jenis korelasi dengan pengelohan kuantitatif. Populasi dan sampelnya berjumlah 44 orang, Instrumen yang digunakan adalah angket dengan populasi seluruh kelas X jurusan Teknik Audio Video (TAV). Pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling yang teknik sampling jenuh yang berarti seluruh populasi menjadi sampel. Hasil uji validitas angket adalah valid dengan rtabel = 0,297 dan uji reablititas 0,922>0,070 yang berarti reliabel. Teknik analisis yang digunakan pada pra-syarat adalah uji normalitas dengan hasil varaiabel X 0,434 dan variabel Y 0,85 keduanya lebih besar dari 0,005 yang berarti data normal dan uji linearitas dengan hasil 0,64>0,005 yang berarti terdapat hubungan linaer. Lalu uji hipotesis dengan product moment didapatkan hasil 0,909>0,297 yang berarti H1 diterima dan H0 ditolak dimana terdapat manfaat internet terhadap hasil belajar siswa. Pengelolaan data yang dilakukan dengan SPSS didapatkan hasil korelasi pemanfaatan internet terhadap hasil belajar siswa adalah 82,6% banyaknya konstribusi pemanfaatan internet terhadap hasil belajar siswa melebihi 75% pada mata pelajaran Simulasi dan Komunikasi Digital. Dimana kontribusinya sebesar 82,2%. Jadi, internet bagus serta efektiv dimanfaatkan untuk meningkatkan hasil belajar.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Pemanfaatan Internet, Korelasi, Kuantitatif, Hasil Belajar, Sampling Jenuh
Subjects: Q Sains > QA Matematika > QA75 Electronic computers. Computer science
T Teknologi > T Technology (General) > T60.8 Pendidikan Teknik, Sekolah Teknik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 20 Nov 2025 08:02
Last Modified: 20 Nov 2025 08:02
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/908

Actions (login required)

View Item View Item