Winda Gustine, 2121161 (2025) Strategi Guru PAI dalam Menumbuhkan Self Esteem Siswa di SMPN 2 Lubuk Basung. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
Winda Gustine 2121161 cover.pdf Download (82kB) |
|
|
Text
Winda Gustine 2121161 abstrak.pdf Download (416kB) |
|
|
Text
Winda Gustine 2121161 full.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Self esteem adalah penilaian individu terhadap dirinya baik positif maupun negatif dan menunjukkan tingkat dimana individu meyakini dirinya sebagai individu yang mampu, penting dan berharga. Remaja yang memiliki self esteem rendah cenderung mengalami kesulitan dalam bersosialisasi, merasa rendah diri, dan memiliki pandangan yang negatif terhadap dirinya. Sebaliknya, harga diri yang kuat cenderung berhasil dalam bersosialisasi dan memiliki pandangan yang positif pada dirinya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ketika guru PAI meminta siswa tampil dan berpendapat, mereka tampak ragu dan mengatakan bahwa dia tidak bisa, padahal belum dicoba. Oleh karena itu, peran guru PAI sangat penting dalam membimbing siswa mengenali diri mereka sendiri untuk mencari, menemukan potensi diri, dan memiliki pandangan yang positif terhadap dirinya. Penelitian dilakukan untuk mengetahui strategi guru PAI dalam menumbuhkan self esteem siswa di SMPN 2 Lubuk Basung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, yakni penelitian yang bertujuan untuk mendeskripsikan strategi guru PAI dalam menumbuhkan self esteem siswa sesuai data yang diperoleh dilapangan. Subjek penelitian ini adalah guru PAI dan siswa kelas VII dan VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan beberapa metode yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik keabsahan data yang digunakan adalah trianggulasi data. Data yang terkumpul dianalisa dengan analisis interaktif melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa temuan dari strategi guru PAI dalam menumbuhkan self esteem siswa di SMPN 2 Lubuk Basung, melalui beberapa strategi diantaranya: (1) Memberikan Penghargaan dan Komentar Positif, (2) Bekerja Sama Dengan Wali Kelas, (3) Menyisipkan Nilai-Nilai Agama Islam, (4) Mendorong Siswa Untuk Mengikuti Kegiatan Keagaaman, dan (5) Menciptakan Lingkungan Kelas Yang Mendukung. Ada beberapa faktor pendukung diantaranya adanya : (1) Modul pembelajaran PAI dan (2) Kegiatan kultum dan tahfiz. Namun ada beberapa faktor penghambat guru PAI dalam melakukan strategi diantaranya : (1) Lingkungan Keluarga, (2) Teman Sebaya, dan (3) Kurangnya Waktu Guru PAI.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Self Esteem |
| Subjects: | L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
| Date Deposited: | 21 Nov 2025 07:16 |
| Last Modified: | 21 Nov 2025 07:16 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/910 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

