Izzatul Mardiah, 2615226 (2020) Pengaruh Media Televisi Terhadap Perilaku Sosial Siswa di SD IT Syahiral Ilmi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover izzatul-mardiah-2615226.pdf Download (328kB) |
|
|
Text
abstrak izzatul-mardiah-2615226.pdf Download (399kB) |
|
|
Text
99356-izzatul-mardiah-2615226.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi perilaku sosial toleran, empati, memahami santun menyampaikan pendapat kepada orang lain, suka menolong, bersikap hormat, sopan, ramah dan menghargai orang lain, suka bergaul dan tidak suka bergaul, ramah dan tidak ramah, simpati atau tidak simpati, suka bersaing, agresif, kalem ataupun suka pamer yang disebabkan salah satunya adalah televisi seorang anak menonton tayangan televisi yang bertema edukasi maka semakin tinggi nilai dan kreativitas mereka, sebaliknya jika anak menonton tayangan yang bersifat non edukasi maka mereka memiliki nilai lebih rendah dengan akibat yang negatif, kebiasaan menonton televisi dapat mengurangi hubungan sosial anak sehingga dapat mengganggu adaptasi dan persahabatan anak, serta dapat membuat anak menjadi pemalu karena terisolasi dari pergaulan teman sebayanya. Sehingga dari fenomena yang ditemukan ada beberapa murid yang suka menirukan gaya atau pun kata – kata dari tayangan. Ada pula siswa yang tidak begitu suka menonton, akan tetapi ketika ia menoton , siswa tersebut lebih menyukai tontonan edukasi untuk menambah pengetahuannya, yang membuat perilakunya disekolah lebih tenang dan dapat menyesuaikan diri dengan teman sebayanya. Akan tetapi ada pula siswa yang tidak sama sekali menonton malah terlihat susah berinteraksi dengan teman sebayanya, terlihat siswa tersebut pendiam, dan tidak ikut bermain bersama teman- teman yang lain, seakan siswa tersebut tidak memahami apa yang sedang dilakukan dan dibicarakan oleh teman sebayanya Penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif yang bersifat korelasi yang menghubungkan antara dua variabel. Dengan menggunakan metode regresi linear sederhana Populasi pada penelitian ini adalah orang santri yang terdiri dari kelas V shafa, V marwa dan V thursina dan sampel yang diambil menggunakan teknik sampling purposive sampling yang direkomandikan oleh wakil kepala sekolah dan wali kelas yang berjumlah 42 orang siswa . Data didapat dengan menggunakan skala Likert yang telah terbukti valid, dan kemudian diolah dengan menggunakan aplikasi SPSS 22.0 Berdasarkan hasil uji regresi sederhana diperoleh hasil Fhitung 5,621 < Ftabel 4,08 bahwa H0 diterima sedangkan Ha ditolak, artinya terdapat pengaruh antara media televisi dan perilaku sosial siswa di SD IT Syahiral Ilmi. Dari hasil persamaan regresi diperoleh interpretasi sebesar artinya jika media televisi 0 atau biasa maka perilaku sosial siswa positif yaitu 169.600. Interpretasi regresi variabel komunikasi interpersonal sebesar -635 artinya jika media televisi mengalami kenaikan, maka perilaku sosial siswa sebanyak -635. Besarnya pengaruh media televisi dengan perilaku sosial sebesar 12,3% dan 88,7% dipengaruhi oleh faktor lain.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Media Televisi, Perilaku Sosial, Siswa |
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) > L 900-975 - Psikologi pendidikan. Kebiasaan Belajar L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1501 Pendidikan dasar P Bahasa dan Sastra > P Filologi, Linguistik > P87 Komunikasi, Media Massa L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1131-1140.5 - Educational tests and measurements (Pengukuran pendidikan) H Ilmu Sosial > HM Sosiologi (Umum) > HM1001 Psikologi sosial |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 24 Nov 2025 02:59 |
| Last Modified: | 24 Nov 2025 02:59 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/934 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

