Randa Nanda Putra, 2121019 (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pelajaran PAI Kelas V SDI Darul Makmur. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
Randa Nanda Putra 2121019 cover.pdf Download (119kB) |
|
|
Text
Randa Nanda Putra 2121019 abstrak.pdf Download (477kB) |
|
|
Text
Randa Nanda Putra 2121019 full.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Rendahnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, dominasi metode ceramah, serta kurang berkembangnya kemampuan berpikir kritis menjadi latar belakang penelitian ini. Hasil observasi menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum mampu mencapai kategori baik dalam indikator berpikir kritis, khususnya analisis dan evaluasi. Kondisi ini memperlihatkan bahwa pembelajaran yang menuntut keterampilan berpikir tingkat tinggi belum sepenuhnya berhasil, sehingga diperlukan penerapan model pembelajaran yang mampu menstimulasi kemampuan berpikir kritis siswa secara lebih efektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi-eksperimen dan desain pretest-posttest control group. Subjek penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas V.1 sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan dengan model pembelajaran Probing Prompting, serta kelas V.2 sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah. Data penelitian dikumpulkan melalui tes kemampuan berpikir kritis berdasarkan indikator Ennis. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, uji homogenitas, serta uji-t independen dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan homogen. Uji-t independen terhadap hasil posttest menghasilkan nilai signifikansi 0,044 < 0,05, yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan demikian, hipotesis alternatif (Ha) diterima, yaitu model pembelajaran Probing Prompting berpengaruh positif terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas V SDI Darul Makmur.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Probing Prompting |
| Subjects: | L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1501 Pendidikan dasar L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
| Date Deposited: | 26 Nov 2025 01:03 |
| Last Modified: | 26 Nov 2025 01:03 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/963 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

