Warni Rahmat, 2113131 (2017) Upaya Guru Meningkatkan Motivasi Siswa Dalam Pembelajaran Kitab Fiqih Di Pondok Pesantren MTI Pasir. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
COVER WARNI RAHMAT.pdf Download (14kB) |
|
|
Text
ABSTRAK WARNI RAHMAT.pdf Download (14kB) |
|
|
Text
89d78-skripsi-oke.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Adapun motivasi penulis membahas judul ini, karena penulis menemukan permasalahan bahwa banyaknya pembelajaran yang harus di kuasai dan dipelajari oleh siswa menyebabkan mereka kurang bersemangat dalam belajar. Kemudian dari segi praktek pembelajaran fiqih seperti pelaksanaan ibadah kurang maksimal, serta pengelolaan kelas yang dilakukan guru belum stabil. Selain itu banyak siswa yang memiliki semangat belajar yang tinggi, namun mereka merasa terganggu dengan sebagian teman-nya yang masih saja ribut, dan tidak mendengarkan guru menjelaskan pembelajaran. Dilihat dari hasil belajar kebanyakan nilai mereka rendah. Maka dari itu untuk meraih kesuksesan mereka butuh semangat dan motivasi dari seorang guru. Adapun yang menjadi tujuan penulis dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran Kitab Fiqih, serta mengetahui kendala yang dihadapi guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran Kitab Fiqih. Untuk mengkaji permasalahan tersebut, maka perlu dirumuskan bagaimana upaya yang dilakukan guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran Kitab Fiqih, dan apa saja yang menjadi kendala bagi guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran Kitab Fiqih. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif, yaitu metode yang menggambarkan keadaan yang terjadi dilapangan secara sistematis. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru yang mengajar Kitab Fiqih sebagai informan kunci, sedangkan yang menjadi informan pendukung dalam penelitian ini adalah siswa Kelas II Tsanawiyah Pondok Pesantren MTI Pasir. Kemudian data yang diperoleh diolah dengan menggunakan teknik analisa deskriptif analitik dan dilakukan triangulasi data dengan membandingkan data yang diperoleh dari hasil observasi data serta hasil wawancara. Sebagai hasil penelitian yang penulis lakukan ini diketahui bahwa guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran Kitab Fiqih adalah memberikan penilaian, hadiah, menumbuhkan kesadaran, memberikan ulangan, pujian, hukuman, melihat keaktifan mereka dalam belajar. Adapun kendala yang dialami guru dalam meningkatkan motivasi siswa dalam pembelajaran Kitab Kuning Fiqih diantaranya adalah masih ada siswa yang malas dalam mencatat mufradat, serta kurang-nya perhatian dari pihak keluarga. Solusi untuk mengatasi kendala yang telah disebutkan, upaya yang dilakukan guru adalah menyuruh siswa mencatat setiap mufradad yang dianggap sulit demi memudahkan mereka dalam mengulang pembelajaran serta meminta para orang tua agar senantiasa memperhatikan anak-anaknya untuk belajar di rumah.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) > L 900-975 - Psikologi pendidikan. Kebiasaan Belajar L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 00:58 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 00:58 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/969 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

