Strategi Membangun Brand Image di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Hidup Berkah Bermakna Kota Padang Panjang

Maisyarah, 3321236 (2025) Strategi Membangun Brand Image di Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah Hidup Berkah Bermakna Kota Padang Panjang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Maisyarah 3321236 cover.pdf

Download (205kB)
[img] Text
Maisyarah 3321236 abstrak.pdf

Download (392kB)
[img] Text
Maisyarah 3321236 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah Hidup Berkah Bermakna (KSPPS HBB ) Kota Padang Panjang memiliki peran penting dalam perekonomian syariah,Namun ,menghadapi persaingan dengan lembaga keuangan lainnya sehingga KSPPS perlu memiliki keunggulan agar dapat menarik dan mempertahankan anggota.Oleh karena itu,penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi yang dilakukan oleh Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah Hidup Berkah Bermakna Kota Padang Panjang dalam membangun Brand Image.Brand Image atau citra merek disebut dengan citra merek adalah suatu persepsi dan keyakinan yang dilakukan oleh seorang konsumen,seperti tercermin dalam asosiasi yang terjadi dalam memori konsumen.Membangun Brand Image sangat penting bagi perusahaan,karena akan membentuk persepsi positif terhadap merek mereka. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi,dokumentasi, serta wawancara langsung dengan manager dan anggota koperasi Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah Hidup Berkah Bermakna Kota Padang Panjang.Analisis dilakukan menggunakan SWOT,analisis matrik IFE dan EFE,analisis Matrik SWOT,serta analisis total tabel bobot skor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Strategi membangun brand image di Koperasi Simpan Pinjam Dan Pembiayaan Syariah Hidup Berkah Bermakna Kota Padang Panjang dengan menerapkan strategi S-O (Strength Opportunity) yaitu:. a).KSPPS dapat menggunakan kekuatan misinya untuk memberdayakan ekonomi anggota sejalan dengan prinsip tolong-menolong dalam Islam.b).Memperluas dan mengadakan kegiatan sosialiasi atau promosi sehingga menambah calon anggota baru sesuai dengan koperasi yang baik.c).Membuat platform online khusus untuk mempromosikan produk dan jasa.d).Menggunakan Margin rendah sebagai nilai jual untuk program pelatihan.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Brand Image, Koperasi Simpan Pinjam dan Pembiayaan Syariah, Strategi, SWOT
Subjects: H Ilmu Sosial > HF Perdagangan > HF5717 Komunikasi Perusahaan
H Ilmu Sosial > HF Perdagangan > HF5410 Pemasaran, Distribusi produk
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 26 Nov 2025 02:56
Last Modified: 26 Nov 2025 02:56
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/974

Actions (login required)

View Item View Item