Analisis Kesulitan Belajar Siswa Inklusi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika di Kelas VIII C SMP Negeri 2 Padang Panjang Tahun Pelajaran 2019/2020

Lia Suprapti, 2415101 (2020) Analisis Kesulitan Belajar Siswa Inklusi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika di Kelas VIII C SMP Negeri 2 Padang Panjang Tahun Pelajaran 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
f3931-lia cover.pdf

Download (189kB)
[img] Text
f3931-lia abstrak.pdf

Download (67kB)
[img] Text
f3931-lia full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

SMP N 2 Padang Panjang menerima siswa inklusi setiap tahunnya berdasarkan tes IQ dan melihat riwayat sekolah sebelumnya. Dalam proses belajar mengajar guru tidak membedakan yang diberikan antara siswa inklusi dan siswa lainnya. Namun ditemukan bahwa siswa inklusi kurang fokus dalam pembelajaran matematika. Mereka melakukan kesibukan sendiri dan sulit dalam mengendalikan emosi. Hal ini menyebabkan siswa mengalami kesulitan belajar matematika dan kesulitan dalam menyamakan kemampuan dengan siswa lainnya, sehingga hasil UTS matematika yang rata-rata nilainya dibawah nilai KKM yaitu 70. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana kesulitan belajar siswa inklusi dalam menyelesaikan masalah matematika berdasarkan indikator fakta, konsep, operasi dan prinsip di kelas VIIIC SMP Negeri 2 Padang Panjang?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah 5 orang siswa inklusi di kelas VIIIC SMP Negeri 2 Padang Panjang. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah tes hasil belajar. Kesulitan belajar siswa dalam menyelesaikan masalah matematika dilihat dari indikator kesulitan belajar yaitu fakta, konsep, operasi dan prinsip. Data yang terkumpul dianalisis dengan prosedur analisis hasil kerja, menyajikan data dan menarik kesimpulan. Dari hasil analisis kesulitan belajar siswa inklusi dalam menyelesaikan masalah matematika di kelas VIIIC SMP Negeri 2 Padang Panjang Tahun Pelajaran 2019/2020 untuk indikator fakta diperoleh skor 44% tergolong kategori (sangat sulit), untuk indikator konsep diperoleh skor 84% tergolong kategori (tidak sulit), untuk indikator operasi diperoleh skor 53% tergolong kategori (sulit) , dan untuk indikator prinsip diperoleh skor 48% tergolong kategori (sulit).

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 03 Jul 2025 07:02
Last Modified: 03 Jul 2025 07:02
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/98

Actions (login required)

View Item View Item