Refil Yurawati, 2113057 (2017) Metode Pembentukan Akhlak Anak di TK Harapan Bangsa Paraman Talang Kabupaten Padang Pariaman. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover REFIL YURAWATI.pdf Download (97kB) |
|
|
Text
abstrak refil-yurawati-pdf.pdf Download (13kB) |
|
|
Text
b92b4-refil-yurawati-pdf.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Akhlak merupakan pondasi yang utama dalam pembentukan pribadi manusia. Pembentukan akhlak mempunyai peranan yang sangat penting dalam kehidupan, baik dalam kehidupan pribadi, keluarga maupun masyarakat. Akhlak yang baik tidak akan terwujud dengan sendirinya tanpa melalui proses pembentukan dan pembinaan. Yang menjadi latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah adab anak berbicara terhadap sesama teman terkadang diiringi dengan tindakan yang kasar dan mengelurkan kata-kata kotor jika tidak sesuai dengan keinginannya, terlihat bahwa tingkah laku anak-anak tersebut bisa dikatakan kurang baik meskipun ia masih berusia 4 sampai 6 tahun, yang tepatnya pada usia TK. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan kejadian-kejadian yang terjadi dilapangan atau peneliti yang mencoba menggambarkan, menuliskan, dan menafsirkan suatu fenomena yang berkembang pada masa sekarang. Adapun teknik pengumpulan datanya melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dan informan penelitian adalah Ibu kepala sekolah TK Harapan Bangsa Paraman Talang serta beberapa guru dan wali murid TK Harapan Bangsa Paraman Talang, dan yang menjadi informan kunci adalah guru TK Harapan Bangsa Paraman Talang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: telah di terapkan metode-metode yang dilakukan guru dalam proses belajar mengajar, dengan adanya metode yang telah guru terapkan maka terciptanya akhlak anak yang lebih baik, metode keteladanan yang sudah diterapkan guru dampaknya anak sudah ada yang mencontohkan apa yang di ajarkan guru, metode pembiasaan dampaknya bagi anak adalah anak sudah terbiasa melakukan perbuatan yang baik, metode nasehat guru telah menerapkan di sekolah yaitu dengan memberikan pelajaran dengan bercerita tentang tokoh panutan umat Islam sehingga anak akan menjadi pendengar dan bisa mengambil hikmah dari cerita Islami sehingga anak akan mengambil pelajaran berharap anak akan mencontohkan perbuatan yang baik dari cerita yang telah guru sampaikan, metode perhatian telah di terapkan guru di sekolah dampknya anak senang dan termotivasi dalam melakukan perbutan yang baik dalam kehidupan sehari-hari, metode hukuman tidak dipakai tapi teguran kepada anak, apabila anak melakukan kesalahan ditegur secara tegas. Adapun faktor yang mempengaruhi akhlak kurang baik disebabkan faktor lingkungan.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | B Filosofi. Psikologi. Agama > BJ Ethics L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan H Ilmu Sosial > HQ The family. Marriage. Woman > HQ 755.8 - Parenting. Child rearing (Pengasuhan Anak. Pola Asuh) L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 01:58 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 01:58 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/994 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

