Vera Dika Andini, 2113066 (2017) Hukuman Sebagai Alat Pendidikan Menurut Perspektif Islam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover Vera Dika Andini.pdf Download (15kB) |
|
|
Text
abstrak Vera Dika Andini.pdf Download (200kB) |
|
|
Text
fulltext Vera Dika Andini.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah karena penulis melihat penggunaan hukuman yang dilakukan dalam pembelajaran pada peserta didik sering sekali dilakukan dan bahkan mengarah pada kekerasan. hukuman yang diberikan pendidik pada peserta didik tidak seimbang dengan kesalahan yang dilakukan oleh peserta didik tersebut. Menurut teori yang dikemukakakan oleh J.J Rousseau bahwa hukuman yang diberikan kepada anak tidak boleh dibuat-buat, jika anak melakukan kesalahan biarlah alam yang menghukumnya. Melihat itu penulis ingin membahas bagaiamana pandangan Islam tentang pemberian hukuman dan bagaimana cara pemberian sanksi pada peserta didik menurut perspektif Islam. Jenis penelitian ini adalah library research (penelitian kepustakaan) dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah hasil penelitian. Bahan penelitian yaitu teks atau data yang siap pakai dari buku-buku atau sumber tertulis lainnya, metode yang digunakan adalah metode analisis data yaitu dengan deskriptif analisis yang bersifat induktif dan deduktif. Penelitian ini menggambarkan bagaimana pendangan Islam tentang pemberian sanksi kepada peserta didik berdasar pada ayat-ayat al-qur’an, hadis serta pendapat-pendapat para ulama . Hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa dalam pandangan Islam pemberian hukuman terhadap peserta didik boleh dilakukan dan bisa dijadikan suatu metode dalam pendidikan dalam mencapai tujuan. Pemberian sanksi terhadap peserta didik dalam pembelajaran dilakukan untuk menberikan kesadaran pada peserta didik untuk tidak melakukan kesalahan yang suatu perbuatan perlu pertanggungjawabannya. hukuman yang diberikan pada peserta didik ada yang berat, sedang dan ringan yang berdasarkan kepada kesalahan yang dilakukan.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | B Filosofi. Psikologi. Agama > B Philosophy (General) B Filosofi. Psikologi. Agama > BJ Ethics K Hukum > KBP Hukum Islam L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB3011 Manajemen dan disiplin sekolah L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 02:04 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 02:04 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/995 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

