Muhammad Rijal, 2113021 (2017) Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Kedisiplinan Siswa Dalam Pembelajaran PAI Di SMAN 1 Dua Koto Kabupaten Pasaman Tahun Ajaran 2016/2017. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover skripsi-muhammad-rijal.pdf Download (113kB) |
|
|
Text
abstrak skripsi-muhammad-rijal.pdf Download (315kB) |
|
|
Text
490ab-skripsi-muhammad-rijal.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan tentang kedisiplinan siswa di sekolah dalam segi waktu, kehadiran dan pengerjaan tugas. Peraturan kedisiplinan yang telah diatur oleh guru sering dilanggar oleh siswa seperti datang terlambat ke sekolah, masuk kelas tidak pada waktu yang tepat, sering keluar pada saat pembelajaran berlangsung, pulang sekolah tidak pada waktunya dan sering tidak mengumpulkan dan mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru. Sedangkan guru telah membuat peraturan dalam pembelajaran dan juga sanksi bagi yang melanggarnya. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan penyebab siswa yang sebagian masih melakukan pelanggaran dalam pembelajaran baik dalam segi waktu, kehadiran, pengerjaan tugas dan juga untuk mendeskripsikan upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengatasi permasalahan disiplin siswa baik dari segi waktu, kehadiran dan pengerjaan tugas. Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian field research penelitian lapangan yang berparadigma kualitatif. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan dokumentasi. Informan dalam penelitian ini terdiri dari informan kunci dan informan pendukung. Informan kunci adalah guru mata pelajaran PAI dan siswa yang sering melanggar kedisiplinan sedangkan informan pendukungnya adalah wali kelas dan guru BK. Data yang dikumpulkan dianalisa berdasarkan teknik analisa data yang disarankan oleh Milles dan Huberman dengan langkah-langkah reduksi data, display data dan menarik kesimpulan. Untuk menjamin keabsahan data maka penulis menggunaka triangulasi data dengan cara membandingkan antara hasil wawancara dengan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data maka penulis menyimpulkan bahwa sebagian kecil siswa yang bisa meggunakan waktu dengan sebaiknya dan kehadiranpun hanya untuk mengambil absen saja. Berbagai faktor penyebab yang disampaikan oleh siswa seperti begadang di malam harinya, sulitnya tranportasi untuk pergi ke sekolah, jauhnya jarak antara rumah dengan sekolah dan membantu orang tua sebelum berangkat ke sekolah. Begitu juga pada pengerjaan tugas dimana siswa ada yang tidak mengerjakan tugasnya dengan baik seperti menyontek tugas teman dan adapula yang tidak mengumpulkan tugas tersebut. Upaya yang dilakukan guru dalam mengatasinya ialah melakukan pendekatan positif seperti menjalin hubungan dan komunikasi yang baik, serta memberi nasehat. Ada juga melakukan pendekatan negatif dengan dan menghukum sewajarnya sesuai peraturan seperti membersihkan lingkungan sekolah, dan membuat surat perjanjian dengan orang tua .
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) > L 900-975 - Psikologi pendidikan. Kebiasaan Belajar L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1027.5 Bimbingan dan Konseling Siswa L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB3011 Manajemen dan disiplin sekolah H Ilmu Sosial > HQ The family. Marriage. Woman > HQ 755.8 - Parenting. Child rearing (Pengasuhan Anak. Pola Asuh) L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 27 Nov 2025 02:11 |
| Last Modified: | 27 Nov 2025 02:11 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/996 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

