Pemanfaatan Media Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Kulliyatul Mubalighien Muhammadiyah Padang Panjang Tahun Ajaran 2016/2017

Surya Iskandar, 2113064 (2017) Pemanfaatan Media Pembelajaran Bahasa Arab Di Madrasah Aliyah Kulliyatul Mubalighien Muhammadiyah Padang Panjang Tahun Ajaran 2016/2017. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover SURYA ISKANDAR.pdf

Download (4kB)
[img] Text
abstrak SURYA ISKANDAR.pdf

Download (104kB)
[img] Text
fulltext SURYA ISKANDAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini yaitu, Madrasah Aliyah Kulliyatul Mubalighien Muhammadiyah Padang Panjang berciri khas keagamaan. Sekolah memiliki beberapa media untuk melaksanakan proses pembelajaran, akan tetapi penulis melihat penggunaan fasilitas media oleh guru sangat jarang sekali, padahal media merupakan sebuah alat bantu dalam mawujudkan tujuan pembelajaran. Berdasarkan fenomena tersebut maka dalam penelitian ini penulis ingin mengetahui, apa saja media pembelajaran yang tersedia di Madrasah Aliyah Kulliyatul Mubalighien Muhammadiyah Padang Panjang, bagaimana pemanfaatan media tersebut dalam pembelajaran bahasa Arab, serta apa kendala yang dihadapi guru dalam pemanfaatan media tersebut. Penelitian yang penulis lakukan adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif, yaitu mengumpulkan data secara langsung dari lokasi penelitian. Informan dalam penelitian ini adalah, Informan Kunci yaitu guru bahasa Arab, dan Informan Pendukung yaitu kepala sekolah dan Siswa-siswi di Madrasah Aliyah Kulliyatul Mubaligien Muhammadiyah (MA. KMM) Padang Panjang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu obsevasi dan wawancara. Adapun langkah teknik analisis data yaitu melakukan Reduksi Data, Display Data, dan Verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian, penulis melihat media yang ada di Madrasah Aliyah Kulliyatul Mubalighien Muhammadiyah Padang Panjang adalah : labor bahasa, media gambar atau foto, proyektor, buku paket dan papan tulis. Adapun pemanfaatan dari media pembelajaran yang ada seperti : labor bahasa yaitu guru hanya menggunakan labor bahasa ketika materi yang mengandung percakapan, media gambar atau foto digunakan sebelum memulai pembelajaran untuk menambah wawasan siswa akan kosa kata, proyektor dimanfaatkan ketika hendak menampilkan materi bahan ajar guru, selanjutnya pemanfaatan buku paket hanya terfokus kepada siswa untuk membaca baik secara keras maupun membaca dalam hati, dan yang terakhir pemanfaatan papan tulis selalu menjadi media favorit oleh guru sebagai penyalur bahan ajar kepada siswa. Adapun kendala yang dihadapi guru dalam pemanfaatan media adalah : Kualitas media tidak memadai lagi, kemampuan guru tidak memadai untuk membuat media karena bahannya tidak disediakan oleh Sekolah

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
P Bahasa dan Sastra > PJ Semitic
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB3011 Manajemen dan disiplin sekolah
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 01 Dec 2025 06:07
Last Modified: 01 Dec 2025 06:07
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/999

Actions (login required)

View Item View Item