Fratiwi Maulia Putri, 2121217 (2025) Pengaruh Penerapan Strategi Learning Start with A Questions terhadap Hasil Belajar PAI dan Budi Pekerti di SDN 12 Koto Tangah Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
Fratiwi Maulia Putri 2121217 cover.pdf Download (245kB) |
|
|
Text
Fratiwi Maulia Putri 2121217 abstrak.pdf Download (419kB) |
|
|
Text
Fratiwi Maulia Putri 2121217 full.pdf Restricted to Repository staff only Download (14MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemui seperti terlihat kurangnya hasil belajar sebagian peserta didik. Hal ini dipengaruhi oleh kurangnya variasi pendidik dalam penggunaan strategi pembelajaran, seperti ekspositori dan kooperatif tetapi mayoritas menggunakan strategi pembelajaran ekspositori. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan strategi learning start with a questions terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas IV Pada Materi Memahami Kisah Nabi Muhammad SAW Periode Mekah di SDN 12 Koto Tangah Agam. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode quasi eksperimental dengan desain Post-Test Only Kontrol Design. Penelitian ini terdapat dua variable, yaitu variable bebas dan terikat. Variable bebas dalam penelitian ini adalah strategi Learning Strart With A questions. Sedangkan variable terikatnya adalah hasil belajar peserta didik kelas IV SDN 12 Koto Tangah Agam. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan tes pilihan ganda untuk mendapatkan hasil belajar peserta didik. Jumlah populasinya 185 dan sampel penelitian ini berjumlah 36 orang yang terdiri dari 2 kelas. Kelas IV A sebanyak 20 oran sebagai kelas kontrol dan IV B sebanyak 16 orang sebagai kelas eksperimen. yang diambil dengan Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu probability sampling dengan cara cluster random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar kelas IV di SDN 12 Koto Tangah Agam menggunakan strategi pembelajaran Learning starts with a question terlihat dari pengolahan analisis uji hipotesis meggunakan uji Independent sample test yang dilakukan pada nilai posttest kedua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan bantuan SPSS 26 yang menghasilkan nilai sig(2 tailed) eksperimen sebesar 0,021 karena dilihat dari kriteria uji-t jika sig(2 tailed) < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dan berdasarkan hasil perhitungan dapat diketahui bahwa nilai koefisien determinasi (R2) diperoleh nilai sebesar 0,129. Artinya ada pengaruh antara variable X terhadap Y sebesar 12,9%. Berdasarkan perhitungan tersebut maka, diketahui bahwa strategi Learning starts with a question berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas IV di SDN 12 Koto Tangah Agam.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | LSQ, PAI, Hasil Belajar |
| Subjects: | L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1501 Pendidikan dasar L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 04:32 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 04:32 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1005 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

