Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan dan Leverage terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2024)

Selvi Afrillia, 3421089 (2025) Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan dan Leverage terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2024). Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Selvi Afrillia 3421089 cover.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Selvi Afrillia 3421089 abstrak.pdf

Download (293kB)
[img] Text
Selvi Afrillia 3421089 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Corporate Social Responsibility adalah adalah suatu tanggung jawab yang dilakukan perusahaan terhadap para stakeholder akan dampak yang ditimbulkan dari aktivitas dan keputusan yang telah diambil perusahaan, dengan tiga aspek sasaran yaitu lingkungan, sosial, dan ekonomi. Tiga aspek tersebut diharapkan perusahaan mendapatkan pengakuan dan keberadaannya ditengah-tengah masyarakat dan strategi perusahaan untuk meningkatkan nama baik perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan dan Leverage Terhadap Pengungkapan CSR dan Pengaruh Pertumbuhan Perusahaan dan Leverage Secara Simultan Terhadap Pengungkapan CSR Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2020-2024. Penelitian Pertumbuhan Perusahaan, Leverage dan Corporate Social Responsibility dilakukan di Bursa Efek Indonesia Pada Perusahaan Manufaktur dengan menggunakan data sekunder yang diakses melalaui link (www.idx.co.id) dengan metode penarikan sampel berupa Purposive Sampling. Metode analisis data berupa analisis kuantitatif dengan menggunakan Statistik Deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pertumbuhan Perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Pernyataan ini didapat dari hasil uji t pada variabel Pertumbuhan Perusahaan menunjukkan koefisien regresi sebesar 0,225 dan tingkat signifikasi sebesar 0,773 > 0,05 dan nilai thitung < ttabel (-0,289 < 2,03452). Leverage berpengaruh negatif terhadap pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR). Pernyataan ini didapat dari hasil uji t pada variabel Leverage menunjukkan koefisien regresi sebesar -0,407 dan tingkat signifikasi sebesar 0,005 dan nilai thitung < ttabel (- 2,942 < 2,03452). Pertumbuhan Perusahaan dan Leverage secara simultan/bersama-sama berpengaruh terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di BEI tahun 2020- 2024 dimana berdasarkan uji F didapat nilai fhitung sebesar 4,987 dengan tingkat signifikasi 0,010. Sedangkan ftabel 3,16. Oleh karena itu pada kedua perhitungan yaitu fhitung 4,987 > ftabel 3,16.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Pertumbuhan Perusahaan, Leverage dan Corporate Social Responsibility
Subjects: H Ilmu Sosial > HD Industri. Pemanfaatan lahan. Tenaga kerja > HD28 Management. Industrial Management
H Ilmu Sosial > HD Industri. Pemanfaatan lahan. Tenaga kerja > HD60 Social responsibility of business
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 01 Dec 2025 04:42
Last Modified: 01 Dec 2025 04:42
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1009

Actions (login required)

View Item View Item