Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N 1 Tanjung Mutiara Tiku

Lisa Maya Sari, 2415082 (2020) Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N 1 Tanjung Mutiara Tiku. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
b8be7-lisa-maya-sari cover.pdf

Download (17kB)
[img] Text
b8be7-lisa-maya-sari abstrak.pdf

Download (259kB)
[img] Text
b8be7-lisa-maya-sari full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar matematika siswa di kelas VII SMP N 1 Tanjung Mutiara Tiku yang sebagian besar masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 65. Rendahnya hasil belajar siswa diduga disebabkan oleh pembelajaran yang masih terpusat pada guru sehingga siswa kurang aktif dalam proses pembelajaran. Kurang aktifnya siswa menjadi salah satu permasalahan yang ditemui dimana guru kesulitan untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Dari hasil wawancara, siswa menganggap pelajaran matematika sebagai pelajaran yang sulit dipahami dan membosankan karena pebelajarannya yang masih monoton. Untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu alternatif yang dapat ditawarkan adalah menerapkan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar matematika siswa dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) lebih baik dari pada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas VII SMP N 1 Tanjung Mutiara Tiku tahun pelajaran 2019/2020. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “Hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika dengan menggunakan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VII SMP N 1 Tanjung Mutiara Tiku Tahun Pelajaran 2019/2020”. Jenis penelitian adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP N 1 Tanjung Mutiara Tiku tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan uji kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VII 5 sebagai kelas kontrol. Data penelitian hasil belajar matematika siswa diperoleh dari tes akhir. Berdasarkan hasil analisis tes akhir dihitung dengan menggunakan uji-t, diperoleh hasil dan ttabel 1.67. Karena thitung ttabel berarti H0 ditolak pada taraf 0.05. Serta dengan menggunakan Software Minitab diperoleh = 0.024 yang artinya < α dengan α = 0.05. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa melalui penerapan model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) lebih baik dari pada hasil belajar matematika siswa melalui model pembelajaran konvensional di kelas VII SMP N 1 Tanjung Mutiara Tiku tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 03 Jul 2025 08:11
Last Modified: 03 Jul 2025 08:11
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/102

Actions (login required)

View Item View Item