Ferro Aprilian Andalas, 2121042 (2025) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Visual Auditori Kinestetik (VAK) terhadap Kualitas Hafalan Al-Qur'an Santri di Rumah Tahfidz Masjid Istighfar Jorong Koto Malintang Kabupaten Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
Ferro Aprilian Andalas 2121042 cover.pdf Download (122kB) |
|
|
Text
Ferro Aprilian Andalas 2121042 abstrak.pdf Download (1MB) |
|
|
Text
Ferro Aprilian Andalas 2121042 full.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan kualitas hafalan Al Qur‟an santri akibat penggunaan model pembelajaran konvensional yang tidak sesuai dengan gaya belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Visual, Auditori, dan Kinestetik (VAK) terhadap kualitas hafalan Al-Qur‟an santri di Rumah Tahfizh Masjid Istighfar Jorong Koto Malintang. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment atau eksperimen semu. Sedangkan desain eksperimen yang digunakan adalah Non-equivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah seluruh santri RTQ Masjid Istighfar Jorong Koto Malintang yang berjumlah 44 orang, peneliti memilih dua kelas yaitu kelas Abu Bakar Ash-Shiddiq sebagai kelas eksperimen dan kelas Ali bin Abi Thalib sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Untuk mengumpulkan data, peneliti menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes hafalan. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas, homogenitas, dan uji t (independent sample t-test). Hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh nilai santri pada kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran Visual, Auditori dan Kinestetik dengan rata-rata 82,60 dan persentase 53,70% sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata 71,20 dengan persentase 46,30% sehingga memperoleh peningkatan hasil belajar sebesar 15,98%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kualitas hafalan Al-Qur‟an santri mengalami peningkatan pada kelas yang menggunakan model pembelajaran visual auditori kinestetik sedangkan pada kelas yang tidak menggunakan model pembelajaran visual auditori kinestetik tidak mengalami peningkatan.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Model Pembelajaran VAK, Pembelajaran Tahfizh, Kualitas Hafalan |
| Subjects: | B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP100-134 Al-Qur'an L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 06:22 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 06:22 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1028 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

