Studi P5 dalam Membantu Hafalan Bacaan Siswa di SDN 03 Dusun Tangan Solok Selatan

Septina Yustri Fauziah, 2120330 (2025) Studi P5 dalam Membantu Hafalan Bacaan Siswa di SDN 03 Dusun Tangan Solok Selatan. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Septina Yustri Fauziah 2120330 cover.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Septina Yustri Fauziah 2120330 abstrak.pdf

Download (72kB)
[img] Text
Septina Yustri Fauziah 2120330 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh siswa yang belum mampu menghafal bacaan shalat dengan baik, meskipun sudah diterapkan P5, ada juga sebagian siswa yang sudah terbiasa menghafal bacaan shalat meskipun belum terlalu lancar. Selain itu, ada juga faktor keterbatasan waktu dalam kurikulum yang membuat pembelajaran tentang shalat tidak bisa dilakukan secara intensif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan P5 dalam membantu hafalan bacaan shalat siswa di SDN 03 Dusun Tangah Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini terdiri dari informan inti adalah siswa SDN 03 Dusun Tangah Solok Selatan. Sedangkan informan pendukung yaitu guru SDN 03 Dusun Tangah Solok Selatan. Metode pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, display, dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan, Studi P5 dalam membantu hafalan bacaan shalat siswa di SDN 03 Dusun Tangah Solok Selatan. Bahwa proses pembelajaran PAI di SDN 03 Dusun Tangah Solok Selatan dilaksanakan dua jam pembelajaran dalam satu minggu. Sedangkan untuk menghafal serta memahami bacaan sahalat butuh yang lumayan lama. Karena yang kita ajari adalah siswa SDN, ibarat kata kita sedang menulis dikertas putih yang masih kosong, jika kita salah dalam mengajarkan mereka, sampai seterusnya mereka mungkin akan tetap salah. Jadi untuk itu dikarenakan waktu yang dua jam pembelajaran dirasakan kurang maka butuh dilatih lagi di rumah oleh orang tua murid masing-masing, sehingga dari situ terciptanya kerjasama antara guru dan wali murud. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan P5 dalam membantu hafalan bacaan shalat siswa yaitu kolaborasi antara wali murid dengan guru. Faktor yang mempengaruhi keberhasilan P5 dalam membantu hafalan bacaan shalat siswa tentu tidak lepas dari kreatifitas dan ide-ide dari guru di SDN 03 Dusun Tangah Solok Selatan terkhusus guru Pendidikan Agama Islam dan wali kelas.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Siswa, Hafalan, Shalat
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1049-1050.7 Keterampilan Belajar
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1501 Pendidikan dasar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 01 Dec 2025 07:24
Last Modified: 01 Dec 2025 07:24
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1029

Actions (login required)

View Item View Item