Daski Aulia Rahman, 2119137 (2025) Pengaruh Penggunaan Media Gambar terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Sungai Limau Kecamatan Sungai Limau Padang Pariaman. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
Daski Aulia Rahman 2119137 cover.pdf Download (18kB) |
|
|
Text
Daski Aulia Rahman 2119137 abstrak.pdf Download (258kB) |
|
|
Text
Daski Aulia Rahman 2119137 full.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Minat belajar siswa yang rendah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi salah satu tantangan utama di SMPN 1 Sungai Limau, Kecamatan Sungai Limau, Padang Pariaman. Rendahnya minat belajar ini dapat berdampak pada pemahaman dan penerapan nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari siswa. Salah satu upaya yang dianggap efektif untuk meningkatkan minat belajar adalah penggunaan media gambar dalam proses pembelajaran. Media gambar dapat membantu visualisasi konsep-konsep abstrak, sehingga membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan mudah dipahami oleh siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penggunaan media gambar terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMPN 1 Sungai Limau. Penelitian ini menggunakan metode quasi-eksperimen dengan desain post test only. Subjek penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional dan kelas eksperimen yang diberikan perlakuan berupa penggunaan media gambar. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket yang terdiri dari 25 butir pertanyaan untuk mengukur tingkat minat belajar siswa setelah proses pembelajaran. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji hipotesis untuk mengetahui signifikansi pengaruh penggunaan media gambar terhadap minat belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dalam tingkat minat belajar antara siswa di kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rata-rata skor angket minat belajar di kelas eksperimen mencapai 99,28, lebih tinggi dibandingkan dengan rata-rata skor kelas kontrol sebesar 86,78. Dengan simpangan baku 10,41 pada kelas eksperimen yang lebih rendah dibandingkan simpangan baku kelas kontrol sebesar 13,03, hasil ini menunjukkan bahwa siswa yang belajar dengan menggunakan media gambar memiliki minat belajar yang lebih tinggi dan lebih merata. Berdasarkan hasil uji hipotesis, hipotesis nol (H0) ditolak, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media gambar berpengaruh signifikan terhadap peningkatan minat belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas VIII SMPN 1 Sungai Limau.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Media Gambar, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam, Quasi Eksperimen Post-Test Only |
| Subjects: | L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
| Date Deposited: | 01 Dec 2025 08:19 |
| Last Modified: | 01 Dec 2025 08:19 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1035 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

