Metode Pembelajaran Fiqih di MAS Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat

Julia Resti, 2115011 (2019) Metode Pembelajaran Fiqih di MAS Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover JULIA RESTI.pdf

Download (72kB)
[img] Text
abstrak JULIA RESTI.pdf

Download (77kB)
[img] Text
fulltext JULIA RESTI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian Berdasarkan observasi yang penulis lakukan pada tanggal 20 Januari 2019 penulis melihat dengan pengamatan langsung bahwa dalam proses pembelajaran pada mata pelajaran Fiqih di MAS Koto Balingka ini, penulis melihat siswa yang didalam kelas ada 3 atau 4 orang keluar masuk kelas, rata-rata sebagian siswa didalam kelas mengantuk bahkan tidak memperdulikan guru yang sedang menjelaskan materi pelajaran, guru menerangkan materi dengan metode yang menoton sehingga cenderung membosankan.Rumusan Masalah penelitian ini adalah Bagaimana langkah-langkah dalam menggunakan metode ceramah pembelajaran Fiqih kelas x semester 1 di MAS Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat? dan Apa saja kendala dalam proses pembelajaran Fiqih kelas x semester 1 di MAS Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Adapun tujuan penelitian ini ialah untuk untuk mengetahui bagaimana langkahlangkah dalam menggunakan metode ceramah pembelajaran Fiqih kelas x semester 1 di MAS Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. dan untuk mengetahui apa saja kendala dalam proses pembelajaran Fiqih kelas x semester 1 di MAS Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini ialah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu analisis data yang menekankan pada makna, penalaran, devinisi, atau berhubungan dengan kehidupan sehari-hari dan bersifat deskrptif yaitu menggambarkan apa adanya mengenai obyek yang sedang diteliti. Sumber data yang digunakan adalah Guru Fiqih dan siswi. Dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan, penulis melakukan observasi di MAS Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat. Data yang diperoleh diolah dengan tekhnik analisis data deskriptif analitik dan dilakukan triangulasi data dengan membandingkan data yang diperoleh dari hasil observasi, hasil wawancara dan dokumentasi yang berasal dari fakta-fakta atau peristiwa-peristiwa di lapangan. Hasil penelitian mengenai Metode Pembelajaran Fiqih Di MAS Koto Balingka Kabupaten Pasaman Barat secara umum guru sudah memenuhi langkah-langkah dari penggunaan metode ceramah tersebut. Akan tetapi ada beberapa langkah-langkah dari penggunaan ceramah tersebut yang tidak terlaksana secra optimal yaitu pada tahapan pelaksanaan pada langkah penyajian yang mana guru tidak bisa menjaga kontak mata secara terus menerus dengan siswa, yang membuat metode ceramah tidak maksimal karena metode ceramah disampaikan secara menoton dan tidak divariasikan dengan metode lain sehingga cendrung membuat siswa bosan dan tidak bisa fokus mengikuti proses pembelajaran. Adapun kendala yang dihadapi dalam penggunaan metode ini guru membutuhkan waktu yang panjang untuk mengoptimalkan kondisi kelas yang optimal, karena kondisi yang tidak optimal menyebabkan terjadinya siswa yang sering keluar masuk kelas. Maka dalam hal ini perlu adanya penyelesaian dari guru bidang studi sendiri untuk menyelesaikan masalah ini

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) > L 900-975 - Psikologi pendidikan. Kebiasaan Belajar
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB3011 Manajemen dan disiplin sekolah
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 02 Dec 2025 05:07
Last Modified: 02 Dec 2025 05:07
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1055

Actions (login required)

View Item View Item