Rasmita, 2115224 (2019) Pengaruh Pemberian Reward Dan Punishment Terhadap Hasil Belajar Al-Qur'an Hadits Siswa Kelas VII Di MTsN 2 Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover Rasmita.pdf Download (9kB) |
|
|
Text
abstrak Rasmita.pdf Download (17kB) |
|
|
Text
fulltext Rasmita.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan disaat peneliti melakukan observasi di kelas VII MTsN 2 Bukittinggi, bahwa suasana pembelajaran kurang memotivasi siswa untuk belajar Al-Quran Hadits serta kurangnya penghargaan guru terhadap siswa mengakibatkan siswa tersebut menganggap tidak adanya kepedulian guru terhadap pendapat siswa. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar siswa yang masih banyak di bawah KKM yaitu 75, seperti yang terlihat pada nilai uts semester genap tahun ajaran 2018/2019 di kelas VII MTsN 2 Bukittinggi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan reward dan punishment terhadap hasil belajar al-quran hadits siswa kelas VII di MTsN 2 Bukittinggi? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan reward dan punishment terhadap hasil belajar al-quran hadits siswa kelas VII di MTsN 2 Bukittinggi. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan reward dan punishment terhadap hasil belajar al-quran hadits siswa kelas VII di MTsN 2 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian yaitu The One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTsN 2 Bukittinggi yang terdiri dari enam kelas. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Random sampling setelah dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII6. Data penelitian Hasil belajar al-quran hadits diperoleh dari tes akhir. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar. Dalam penelitian ini untuk analisis data hasil belajar dilakukan uji normalitas dengan menggunakan uji Liliefors dan sebaran data berdistribusi normal, dan diperoleh hasil rata-rata nilai pretest adalah 57,96 sedangkan rata-rata nilai posttest adalah 81,62 hasil tersebut menunjukan 81,62 > 57,96. Selanjutnya teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t. Dari hasil analisis menunjukkan bahwa harga t0 = 17,141 dan ttabel = 2,048 pada taraf nyata = 0,05 dan karena 17,141 > 2,048 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa “terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan reward dan punishment terhadap hasil belajar al-quran hadits siswa kelas VII di MTsN 2 Bukittinggi
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) > L 900-975 - Psikologi pendidikan. Kebiasaan Belajar H Ilmu Sosial > H Ilmu Sosial (Umum) B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP100-134 Al-Qur'an B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP135 Literatur Hadis, Tradisi, Sunnah L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 02 Dec 2025 05:09 |
| Last Modified: | 02 Dec 2025 05:09 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1063 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

