Pelaksanaan Pembelajaran Aktif Learning Tipe Jigsaw Oleh Guru Mata Pelajaran Fiqih di MAN 4 Agam

Ahmad Joni, 2115180 (2019) Pelaksanaan Pembelajaran Aktif Learning Tipe Jigsaw Oleh Guru Mata Pelajaran Fiqih di MAN 4 Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover ahmad-joni.pdf

Download (249kB)
[img] Text
abstrak ahmad-joni.pdf

Download (251kB)
[img] Text
b3956-burning-ahmad-joni.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (540kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh proses pembelajaran di kelas XI MAN4 Agam yang Pelaksanaan Pembelajaran Aktif Learning tipe Jigsaw oleh Guru Mata Pelajaran Fiqih di MAN 4 Agam masih bersifat teacher centered,sehingga tujuan pembelajaran tidak tercapai.Oleh karena itu penulis ingin mengetahui penyabab tidak tercapainya tujuan dari pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran dengan strategi aktif learning tipe jigsaw oleh guru mata pelajaran fiqih bertujuandapat membuat siswa aktif dan menguasai materi pelajaran, sehingga tujuan pembelajaran bisa tercapai. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan kejadian-kejadian yang terdapat di lapangan dengan apa adanya. Pengumpulan data penulis lakukan dengan observasi dan wawancara. Informan penelitian terdiri dari informan kunci dan informan pendukung. Informan kunci yaitu guru mata pelajaran Fiqih, sedangkan yang menjadi informan pendukung ialah siswa kelas XI. Data dianalisis dengan reduksi data, display data, danverifikasi data. Hasil penelitian yang telah penulis lakukan dapat dinyatakan bahwa, pelaksanaan pembelajaran Aktif Learning tipe Jjigsaw oleh guru mata pelajaran fiqih di man 4 agam belum terlaksana dengan baik , karna belum maksimalnya pelaksanaan kegitan-kegitan dan langkah-langkah tipe Jigsaw. Sehingga tujuan pembelajaran dari materi Peradilan Islam tidak tercapai, siswa belum mampu menjelaskan pengertian dan menyebutkan (macama-macam dan syarat-syarat ) dari masing-masing topik (sub materi), siswa hanyamampu memahami bagian dari topik yang dipelajari dalam kelompok ahli.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Pelaksanaan Pembelajaran Aktif Learning tipe Jigsaw oleh Guru Mata Pelajaran Fiqih
Subjects: L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) > L 900-975 - Psikologi pendidikan. Kebiasaan Belajar
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1049-1050.7 Keterampilan Belajar
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 03 Dec 2025 08:48
Last Modified: 03 Dec 2025 08:48
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1076

Actions (login required)

View Item View Item