Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Kisah Luqman Al-Hakim Telaah Tafsir QS. Al-Luqman Ayat 12-19

Kifayatul Akhyar, 2115096 (2019) Nilai-nilai Pendidikan Karakter Dalam Kisah Luqman Al-Hakim Telaah Tafsir QS. Al-Luqman Ayat 12-19. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
COVER skripsi-kifayatul-akhyar-2115096.pdf

Download (16kB)
[img] Text
abstrak skripsi-kifayatul-akhyar-2115096.pdf

Download (176kB)
[img] Text
90151-skripsi-kifayatul-akhyar-2115096.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Maksud dari judul ini adalah apa saja nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalam kisah Luqman Al-Hakim pada Al-Qur’an surat yang ke 31 (Luqman) ayat 12-19. Pendidikan karakter merupakan suatu kekuatan yang sanggup menjaga manusia dari perbuatan-perbuatan yang rendah dan buruk, serta pendorong terhadap perbuatan yang baik dan mulia. Pendidikan karakter merupakan pendidikan budi pekerti plus. Yaitu melibatkan aspek pengetahuan (cognitive), perasaan (feeling), dan tindakan (action). Nilai-nilai pendidikan berdasarkan surat Luqman merupakan asas pendidikan yang harus dijadikan panduan oleh setiap orang tua pada masa kini. Luqman Al-Hakim telah mengemukakan kaedah pengajaran dan persembahan isi pendidikan yang tersusun rapi, sehinga sangat diperlukan untuk perkembangan pendidikan karakter di masa kini. Beliau menekankan perkara perintah dan larangan yang diiringi pula dengan alasan yang munasabah. Aspek perintah meliputi atas kesempurnaan beragama, kepercayaan kepada hari akhirat dan keutamaan berakhlak mulia. Sementara aspek larangan merangkum larangan syrik dan sifat sombong. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan lebih dalam tentang nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam kisah Luqman Al-Hakim pada Al-Qu’ran surat ke-31 Luqman pada ayat 12-19. Untuk mencapai tujuan diatas, digunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research), karena data yang diteliti berupa Al-Quran dan terjemhannya, tafsir, naskah-naskah, buku, artikel-artikel yang bersumber dari khazanah kepustakaan. Data-data yang diperoleh dengan menggunakan metode dokumentasi yang diambil dari Al-Qur’an dan Sunnah, buku-buku, kitab-kitab muktabar. Kitab tafsir yang mu’tabar menjadi rujukan utama oleh penulis untuk memahami suatu ayat. Data-data dianalisis menggunakan kaedah induktif, deduktif dan komparatif. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa, nilai-nilai pendidikan karakter merupakan pendidikan yang berusaha mengenalkan, menanamkan serta menghayatkan anak akan adanya system nilai yang mengatur pola, sikap dan tindakan manusia. Pola tersebut mencangkup pola-pola hubungan dengan Allah SWT, sesama manusia (termasuk dirinya sendiri) dan lingkungan sekitarnya. Adapun nilai-nilai yang terdapat dalam surat Luqman ayat 12-19 meliputi : (1) perintah untuk mensyukuri nikmat Allah SWT. (2) perintah berbakti kepada kedua orang tua, berbuat baik dan taat kepadanya. (3) perintah untuk selalu bersikap sabar dan larangan berbuat sombong, takabur, membanggakan diri sendiri. (4) perintah untuk bersikap sederhana dalam berjalan dan sopan santun dalam berbicara dengan orang lain.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Pendidikan karakter
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP100-134 Al-Qur'an
H Ilmu Sosial > HQ The family. Marriage. Woman > HQ 755.8 - Parenting. Child rearing (Pengasuhan Anak. Pola Asuh)
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC251 Pendidikan karakter
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan
B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP173.2 Sosiologi Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 04 Dec 2025 04:50
Last Modified: 04 Dec 2025 04:50
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1107

Actions (login required)

View Item View Item