Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada Siswa Kelas X SMKN 1 Baso Tahun Pelajaran 2019/2020

Dilla, 2415104 (2020) Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray (TSTS) pada Siswa Kelas X SMKN 1 Baso Tahun Pelajaran 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
7cc67-gabungan-acc-ok dilla cover.pdf

Download (144kB)
[img] Text
7cc67-gabungan-acc-ok dilla abstrak.pdf

Download (412kB)
[img] Text
7cc67-gabungan-acc-ok dilla full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya permasalahan yang ditemukan di kelas X SMKN 1 Baso bahwa pembelajaran masih berpusat pada guru, kurangnya minat siswa dalam belajar matematika, rata-rata persentase ketuntasan siswa masih banyak dibawah KKM dan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa yang masih rendah. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah kemampuan pemecahan masalah siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah siswa yang melalui pembelajaran konvensional pada mata pelajaran matematika di kelas X SMKN 1 Baso tahun pelajaran 2019/2020? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih baik daripada dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMKN 1 Baso tahun pelajaran 2019/2020. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “kemampuan pemecahan masalah matematika siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih baik daripada melalui pembelajaran konvensuonal pada siswa kelas X SMKN 1 Baso tahun pelajaran 2019/2020”. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMKN 1 Baso tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, homogenitas dan kesamaan rata-rata pada data populasi. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TBSM 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas X TBSM 2 sebagai kelas Kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Dari hasil analisis data , dipeoleh harga dengan menggunakan yaitu uji-t pada taraf nyata dan dibandingkan dengan Software SPSS 20 dengan sehingga ditolak dan diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray (TSTS) lebih baik daripada melalui pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMKN 1 Baso tahun pelajaran 2019/2020.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif, Two Stay Two Stray
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 04 Jul 2025 03:24
Last Modified: 04 Jul 2025 03:24
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/112

Actions (login required)

View Item View Item