Rahmah Janil, 2115178 (2019) Metode Guru Akidah Akhlak Dalam Membentuk Niai Karakter Siswa Kelas VIII Di MTsN 11 Koto Kecil Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover rahmah-janil.pdf Download (111kB) |
|
|
Text
abstrak rahmah-janil.pdf Download (166kB) |
|
|
Text
e68eb-rahmah-janil.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Adapun maksud judul ini secara keseluruhan adalah bagaimana metode guru akidah akhlak dalam membentuk nilai karakter siswa kelas VIII di MTsN 11 Koto Kecil Kec. Tanjung Raya Kab. Agam. Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang masih bersikap tidak sesuai dengan aturan dan nilai-nilai karakter. Misalnya masih adanya peserta didik yang tidak jujur dalam pembelajaran Akidah Akhlak, masih adanya peserta didik yang menyerah dalam melaksanakan tugas yang diberikan oleh guru Akidah Akhlak, masih adanya peserta didik yang belum mempunyai rasa toleransi terhadap teman sejawatnya, dan masih adanya kendala-kendala yang dihadapi guru dalam menerapkan nilai-nilai karakter pada siswa. Padahal materi pembelajaran Akidah Akhlak sudah mengajarkan tentang nilai-nilai karakter yang dipelajari disekolah. Jenis penelitian ini penelitian lapangan (fiel research) dengan jenis pendekatan kualitatif (qualitatife research), penelitian yang mendeskripsikan dan menganalisis fenomena peristiwa. Pengolahan data dilakukan dengan cara penyelesaian jawaban informan yang sesuai dengan hal-hal yang penulis teliti, adapun yang menjadi informan kunci dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Akidah Akhlak, dan yang menjadi informan pendukungnya adalah kepala sekolah, majelis guru dan siswa kelas VIII, teknik pengumpulan data penulis lakukan obeservasi, dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa, metode guru dalam membentuk nilai karakter siswa kelas VIII di MTsN 11 Koto Kecil Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam sudah diterapkan tetapi belum maksimal. Yang mana belum sesuai dengan apa yang diharapkan, terbukti dengan bagaimana pembentukan yang dilakukan oleh guru dalam membentuknya, yaitu tentang: nilai kejujuran siswa, nilai kerja keras siswa, nilai toleransi siswa, dan kendala-kendala yang dihadapi oleh guru dalam membentuk akhlak pada sisiwa. Dalam pembelajaran kendala-kendala yang dihadapi oleh guru yaitu: sikap siswa yang kurang baik, siswa yang melawan ketika di tegur, dan keterbatasan waktu dalam pembelajaran Akidah Akhlak, sehingga nilai karakter itu tidak sampai kepada siswa itu sendiri.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Metode Guru Akidah Akhlak dalam Membentuk Nilai Karakter siswa |
| Subjects: | B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB3011 Manajemen dan disiplin sekolah L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC251 Pendidikan karakter |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 05 Dec 2025 04:17 |
| Last Modified: | 05 Dec 2025 04:17 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1132 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

