Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Padang Panjang Tahun Pelajaran 2019/2020

Laili Rahmayani, 2415125 (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Padang Panjang Tahun Pelajaran 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
c253b-lailirahmayani cover.pdf

Download (107kB)
[img] Text
c253b-lailirahmayani abstrak.pdf

Download (391kB)
[img] Text
c253b-lailirahmayani full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Padang Panjang Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan nilai rata-rata kelas XI MIPA yaitu 61,86, kelas XI IPS 1 yaitu 57,27 dan kelas XI IPS 2 yaitu 68,97. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Padang Panjang Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Padang Panjang Tahun Pelajaran 2019/2020. Hipotesis dari penelitian ini adalah Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berpengaruh terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Padang Panjang Tahun Pelajaran 2019/2020”. Jenis penelitian ini adalah pra-eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Padang Panjang. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol. Data penelitian diperoleh dari tes hasil belajar matematika siswa. Berdasarkan analisis data, diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 72,33 dan kelas kontrol 66,47 dan juga dengan menggunakan uji-t diperoleh thitung = 1,73 dan ttabel = 1,67. Karena thitung ttabel maka H0 ditolak dan terima H1. Sedangkan Pvalue = 0,045 dan = 0,05, karena Pvalue 0,05, dapat disimpulkan bahwa “Hasil belajar matematika siswa menggunakan Model Pembelajaran Teams Games Tournament lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional di kelas XI SMA Muhammadiyah Padang Panjang Tahun Pelajaran 2019/2020.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Model Pembelajaran Teams Games Tournament, Hasil Belajar Matematika
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 07 Jul 2025 02:55
Last Modified: 07 Jul 2025 02:55
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/116

Actions (login required)

View Item View Item