Sarah Anofri, 40123002 (2025) Implementasi Teologi Multikultural dalam Pembelajaran Agama di SMA Xaverius Bukittinggi. Magister thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
Sarah Anofri 40123002 cover.pdf Download (133kB) |
|
|
Text
Sarah Anofri 40123002 abstrak.pdf Download (651kB) |
|
|
Text
Sarah Anofri 40123002 full.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berangkat dari latar belakang adanya multikulturalisme itu nyata, identik serta menarik dikaji sebagaimana serta proses hal tersebut bisa terjadi sehingga terciptanya suasana yang aman dan damai SMA Xaverius Bukittinggi merupakan satu-satunya sekolah dengan populasi siswanya yang multikultural yang terdiri dari beragam etnis, seperti etnis Minang, etnis Batak, dan Tionghoa, selain itu para siswa yang bersekolah disana berasal dari agama yang berbeda beda pula, seperti Islam, Katolik, Protestan, Hindu dan Budha Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan. Atau juag disebut dengan penelitian kualitatif yang mana peneliti lansgung turun untuk mewawncarainatau mengamati objek yang diteliti. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis kualitatif deskiptif yaitu suatu penelitian yang bukan di maksud untuk menguji hipotesis tertentu, melainkan menjelaskan apa adanya tentang suatu variabel, gejala atau keadaan. Metode kualitatif adalah tradisi tertentu dalam ilmu pengetahuan sosial yang secara fundamental bergantung pada pengamatan pada manusia dan berhubungan dengan orang-orang tersebut dalam bahasanya dan dalam peristilahannya. Adapun hasil penelitian ini adalah, pertama Interaksi social yang ada di SMA Xaverius Bukittinggi seperti adanya komunikasi antar agama, Toleransi ,dan kerja sama antara Islam dan Kristen di Bukittinggi. Kedua pembelajaran agama yang ada di SMA Xaverius Bukittinggi. Ketiga Implementasi Teologi Mukltikultural di SMA Xaverius Bukittinggi. Bukittinggi memiliki tantangan sekaligus potensi besar dalam mewujudkan harmoni dan saling pengertian lintas keyakinan. Ketiga, bahwa implementasi teologi multikultural terlihat dalam metode atau pengajaran yang mendorong diskusi-diskusi lintas agama, perspektif, serta pembiasaan terhadap berpikir kristis dan empatik. Jadi, praktik yang terjadi di SMA Xaverius Bukittinggi menunjukkan bahwa teologi multikultural dapat diimplementasikan secara nyata dan harmonis dalam dunia pendidikan. Nilai-nilai teologis tentang kasih, keadilan, dan penghormatan terhadap sesama telah menjadi fondasi kuat dalam menciptakan lingkungan belajar yang damai, setara, dan saling menghargai.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Magister) |
|---|---|
| Keywords: | Implementasi, Teologi, Bukittinggi |
| Subjects: | L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah > Akidah dan FIlsafat Islam S2 |
| Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 03:00 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 03:00 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1161 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

