Nolla Resya, 2115006 (2019) Pengaruh Media Pembelajaran Jenis Strip Story Terhadap Minat Belajar Siswa Di SMP Negeri 4 Bukittingi Pada Mata Pelajaran PAI. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover NOLLA RESYA.pdf Download (683kB) |
|
|
Text
abstrak NOLLA RESYA.pdf Download (687kB) |
|
|
Text
fulltext NOLLA RESYA.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI, hal ini dapat dilihat pada saat proses pembelajaran PAI sebagian besar siswa kurang memperhatikan guru dalam menyampaikan materi,, kurangnya antusias dan partisipasi siswa, siswa tidak fokus mengikuti proses pembelajaran, siswa kurang berinteraksi dalam proses pembelajaran, penyampian materi yang cendrung secara verbal pada proses pembelajaran, dan belum menggunakan media yang menarik saat proses pemebelajaran. Dikarenkan guru belum menggunakan media yang menarik ketika pembelajaran berlangsung, maka salah satu upaya yang harus dilakukan agar siswa memiliki minat yang tinggi pada mata pelajaran PAI adalah dengan bantuan media jenis Strip Story. Dari permasalahan tersebut maka tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran jenis strip story terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Posttest, rancangan ini terdiri dari satu kelomopok (tidak ada kelompok kontrol), sedangkan proses penelitiannya yaitu melaksanakan pretest untuk mengukur kondisi awal responden, memberikan perlakuan yaitu pembelajaran dengan menggunakan strip story dan melakukan posttest untuk mengetahui keadaan variabel terikat sesudah diberikan perlakuan. Kelompok eksperimen dipilih secara non random sampling berdasarkan pertimbangan dan tujuan tertentu yaitu dipilih kelas VII.D. Data penelitian hasil minat belajar dikumpulkan dengan angket pretest dan postest, kemudian dianalisis dengan menggunakan uji wilcoxon (signed ranks test) dengan bantuan SPSS versi 22.00 Temuan dari penelitian ini adalah uji hipotesis pretest dan posttest, dengan menggunakan uji wilcoxon (signed rank test), maka diperoleh nilai sebesar 4,108, sementara 1,645 pada taraf signifikan 0,05. Maka dapat diketahui nilai > yaitu 4,108 > 1,645 dengan nilai sig atau p- value sebesar 0,000 < 0,05. Apabila nilai p- value < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Artinya ada perbedaan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI sebelum dan sesudah diberikan perlakuan atau pembelajaran dengan menggunakan media Strip Story. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran Strip Story terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Media Pembelajaran, Strip Story, Minat Belajar |
| Subjects: | L Pendidikan > L Pendidikan (Umum) > L 900-975 - Psikologi pendidikan. Kebiasaan Belajar L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 05:09 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 05:09 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1162 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

