Indah Purnama Sari, 2416080 (2020) Penerapan Icebreaker dalam Pembelajaran Matematika Kelas XI IPA MAN 1 Agam Tahun Pelajaran 2019/2020. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
![]() |
Text
743d7-1.-revisi-sikripsi-indah-purnama-sari-1 cover.pdf Download (101kB) |
![]() |
Text
743d7-1.-revisi-sikripsi-indah-purnama-sari-1 abstrak.pdf Download (145kB) |
![]() |
Text
743d7-1.-revisi-sikripsi-indah-purnama-sari-1 full.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh penerapan icebreaker yang dilakukan oleh guru mata pelajaran matematika XI IPA. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran matematika yang menerapkan icebreaker dikelas XI IPA bahwa tujuan penerapan icebreaker ini adalah untuk menghilangkan kebosanan siswa dalam belajar serta membangkitkan semangat, dan mengembalikan kefokusan siswa sehingga tujuan pembelajaran semakin efektif tercapai. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses penerapan icebreaker dalam pembelajaran matematika dikelas XI IPA dan bagaimana dampak penerapan icebreaker dalam pembelajaran matematika terhadap siswa?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan icebreaker dalam pembelajaran matematika di kelas XI IPA dan dampak penerapan icebreaker terhadap siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 3 orang siswa kelas XI IPA, guru mata pelajaran matematika kelas XI IPA, dan wakil kurikulum MAN 1 Agam. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Pada penelitian ini teknik analisis data yang dilakukan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Triangulasi yang digunakan adalah triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menerangkan bahwa penerapan icebreaker dalam pembelajaran matematika memenuhi prinsip-prinsip efektifitas, motivasi, tepat situasi, tidak mengandung unsur sara, dan tidak mengandung unsur pornografi. Namun pada prinsip singkronized tidak terpenuhi karena penerapan icebreaker jarang menyesuaikan dengan materi pembelajaran. Teknik penerapan icebreaker yang digunakan adalah teknik penerapan secara spontan dan direncanakan. Icebreaker diterapkan diawal pembelajaran, diinti pembelajaran, dan diakhir pembelajaran. Manfaat penerapan icebreaker terhadap siswa adalah siswa menjadi lebih semangat dalam belajar, lebih aktif, hubungan antar siswa dan antara guru dan siswa menjadi lebih akrab, dan dapat mengoptimalkan belajar siswa serta icebreaker dapat menghilangkan kebosan belajar siswa sehingga siswa menjadi lebih nyaman belajar matematika.
Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
Date Deposited: | 07 Jul 2025 04:41 |
Last Modified: | 07 Jul 2025 04:41 |
URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/117 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |