Tiara Elsa Putri, 2121193 (2025) Kemampuan Membaca Al-Qur'an dalam kegiatan Rohani Islam Rohis di SMA Negeri 1 Junjung Sirih Kabupaten Solok. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
Tiara Elsa Putri 2121193 cover.pdf Download (69kB) |
|
|
Text
Tiara Elsa Putri 2121193 abstrak.pdf Download (233kB) |
|
|
Text
Tiara Elsa Putri 2121193 full.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang dihadapi oleh siswa khususnya anggota Rohis di SMA Negeri 1 Junjung Sirih, yaitu terdapat beberapa siswa di kalangan anggota Rohis yang mengalami kesulitan dalam memahami hukum-hukum bacaan dalam Al-Qur’an seperti makharijul huruf, shifatul huruf dan hukum bacaaan mad. Ini di sebabkan karena kurangnya pembiasaan membaca Al-Qur’an secara rutin di luar kegiatan Rohis sehingga menyebabkan pemahaman terhadap hukum bacaan Al-Qur’an menjadi kurang maksimal. Selain itu minimnya metode yang interktif membuat anggota Rohis kesulitan dalam memahami kaidah- kaidah ilmu tajwid. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan jenis penelitian lapangan (Field Research) dan pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun informan dalam penelitian ini adalah anggota Rohis dan pembina Rohis di SMA Negeri 1 Junjung Sirih Kabupaten Solok Berdasarkan hasil pengukuran kemampuan membaca AL-Qur’an anggota Rohis di SMA Negeri 1 Junjung Sirih, yang dianalisis memlalui lima indikator utama yaitu huruf hijaiyah, makharijul huruf, shifatul huruf, hukum nun sukun/tanwin, dan hukum bacaan mad, maka di peroleh skor rata-rata keseluruhan sebesar 79, yang berada dalam kategori “Cukup” Dengan demikian, diperlukan upaya pembinaan dan pelatihan yang lebih intensif, khususnya dalam aspek-aspek tajwid agar kemampuan membaca Al-Qur’an para anggota Rohis dapat meningkat ke kategori Baik maupun Sangat Baik. Dengan adanya temuan ini, diharapkan pihak sekolah dan pembina Rohis dapat mengembangkan strategi pembelajaran yang lebih efektif, seperti menerapkan metode talaqqi, penggunaan media interaktif, serta menambah jam latihan membaca Al-Qur’an agar pemahaman siswa terhadap hukum-hukum bacaan dapat meningkat secara signifikan.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Membaca Alquran, Rohani Islam |
| Subjects: | L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 03:47 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 03:47 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1173 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

