Adek Dwi Putri Sari, 2621072 (2025) Pengaruh Pola Asuh Permisif terhadap Pencapaian Kemandirian Belajar Siswa MA PP Mu'allimin Muhammadiyah Sawah Dangka. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
Adek Dwi Putri Sari 2621072 cover.pdf Download (316kB) |
|
|
Text
Adek Dwi Putri Sari 2621072 abstrak.pdf Download (419kB) |
|
|
Text
Adek Dwi Putri Sari 2621072 full.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang ditemukan di Pondok Pesantren Mu’allimin Muhammadiyah Sawah Dangka, adapun fenomena tersebut yaitu adanya siswa yang masih bergantung pada temannya dalam belajar seperti menyalin catatan temannya saat guru memberikan tugas, sebagian siswa kurang inisiatif untuk belajar secara mandiri selalu diperintahkan terlebih dahulu oleh gurunya, teridentifikasi beberapa siswa yang diasuh dengan pola asuh permisif, dimana orangtua tidak pernah memberi batasan kepada anaknya. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada dan seberapa besar pengaruh pola asuh permisif terhadap kemandirian belajar siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Mu’allimin Muhammadiyah Sawah Dangka. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode analisis regresi linear sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Mu’allimin Muhammadiyah Sawah Dangka yang mendapat pola asuh permisif yaitu sebanyak 61 siswa dan semuanya dijadikan sampel dalam penelitian ini karena populasi kurang dari 100 orang. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui angket dan di analisis dengan uji deskriptif, prasyarat analisis dan regresi linear sederhana. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, didapatkan hasil bahwa pola asuh permisif tidak berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa dengan nilai sig sebesar 0,078 >0,05 da F hitung < F tabel yaitu 3,219 < 4,004 dan nilai t hitung > t tabel yaitu 1,794 > 1,671 maka H₀ diterima dan pola asuh permisif hanya berpengaruh sebesar 5,2% terhadap kemandirian belajar siswa yang menunjukkan pengaruh yang sangat lemah atau tidak ada korelasi antara pola asuh permisif terhadap kemandirian belajar siswa.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Pola Asuh Permisif, Kemandirian Belajar |
| Subjects: | L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1049-1050.7 Keterampilan Belajar H Ilmu Sosial > HQ The family. Marriage. Woman > HQ 755.8 - Parenting. Child rearing (Pengasuhan Anak. Pola Asuh) L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling |
| Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 04:18 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 04:18 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1176 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

