Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMKN 3 Payakumbuh

Yennita, 2421012 (2025) Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMKN 3 Payakumbuh. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Yennita 2421012 cover.pdf

Download (226kB)
[img] Text
Yennita 2421012 abstrak.pdf

Download (576kB)
[img] Text
Yennita 2421012 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya motivasi belajar matematika siswa di kelas X jurusan Busana di SMKN 3 Payakumbuh. Hal ini terlihat dari hasil observasi yang telah dilakukan oleh peneliti. Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti memberi solusi dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) dalam pembelajaran matematika. Penelitian itu bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh signifikan model Problem Based Leraning (PBL) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas X SMKN 3 Payakumbuh. Jenis penelitian ini adalah pra eksperimen dengan rancangan one group pretest posttest design. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas X jurusan Busana di SMKN 3 Payakumbuh. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X Busana 4. Pada kelas sampel diterapkan model Problem Based Learning dalam pembelajaran matematika. Data penelitian diperoleh dari angket motivasi belajar matematika siswa yang diberikan pada saat pretest dan posttest. Berdasarkan penelitian pada kelas sampel diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji paired sample t-test dengan hasil diperoleh t_hitung = 15,984972 dan pada taraf signifikan α = 0,05 diperoleh t_tabel = 2,03224 sehingga t_hitung > t_tabel. Artinya H_0 ditolak dan H_1 diterima yaitu terdapat perbedaan yang signifikan antara rata-rata motivasi belajar matematika siswa sebelum dan sesudah penerapan model Problem Based Learning (PBL). Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model Problem Based Learning (PBL) terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas X SMKN 3 Payakumbuh.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Pengaruh, Model Problem Based Learning, Motivasi Belajar
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1775 Bimbingan Vokasi, Pelatihan Guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 08 Dec 2025 02:44
Last Modified: 08 Dec 2025 02:44
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1177

Actions (login required)

View Item View Item