Novi Rantika, 21151161 (2019) Pembentukan Karakter Disiplin Anak Usia Dini Di TK Al-Qur'an Tunas Harapan Jorong Sipisang Nagari Nan Tujuah Kec. Palupuah Kab. Agam. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
cover skripsi-tika-pdf-ok.pdf Download (115kB) |
|
|
Text
abstrak skripsi-tika-pdf-ok.pdf Download (189kB) |
|
|
Text
86d9c-skripsi-tika-pdf-ok.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Adapun yang menjadi latar belakang penulis mengangkat judul di atas adalah penulis melihat langsung bahwa peserta didik di TK Al- Qur’an Tunas Harapan di Jorong Sipisang Nagari Nan Tujuah Kec. Palupuah Kab. Agam bahwa kedisiplinan anak- anak disitu sudah baik, Tetapi ada beberapa disiplin anak yang kurang diperhatikan seperti anak berbicara dengan teman nya tidak menggunakan bahasa yang baik, berbicara ketika makan, minum menggunakan tangan kiri, berbicara dengan teman ketika sedang belajar, siswa tidak masuk sekolah hanya karena tidak ada seragam olahraganya dan kurangnya kerja sama antara guru dengan orangtua siswa. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yaitu metode penelitian yang bertujuan untuk menggambarkan secara utuh dan mendalam tentang realita sosial dan berbagai fenomena yang terjadi dilapangan. Informan kunci penelitian adalah guru kelas kelas TK Al- Qur’an Tunas Harapan , dan informan pendukung Kepala Sekolah dan siswa TK Al- Qur’an Tunas Harapan. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara observasi dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan deskriptif analitik, yaitu reduksi data, display data, dan verifikasi data. Teknik keabsahan data yang penulis gunakan adalah triangulasi data. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan sebelumnya, maka dapat penulis simpulkan bahwa dalam pembentukan disiplin anak usia dini di TK AlQur’an Tunas Harapan Jorong Sipisang Nagari Nan Tujuah Kecamatan Palupuah Kabupaten Agam adalah dengan cara menerapkan peraturan/ tata tertib, hukuman, dan penghargaan/ reward. Melalui cara yang dilakukan di sekolah TK Al- Qur’an Tunas Harapan tersebut, penulis mengamati bahwa guru sangat peduli akan akhlak dan kedisiplinan siswanya. Guru juga menanamkan disiplin berdasarkan indikator sebagai berikut : siswa mampu berpakaian seragam, siswa mampu mengikuti dan mematuhi kegiatan belajar mengajar. Selain itu guru juga menerapkan hukuman dan penghargaan/ reward bagi siswa dalam meningkatkan kedisiplinan anak usia dini, guna untuk memotivasi diri anak.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Disiplin, Anak Usia Dini |
| Subjects: | L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP100-134 Al-Qur'an L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB3011 Manajemen dan disiplin sekolah H Ilmu Sosial > HQ The family. Marriage. Woman > HQ 755.8 - Parenting. Child rearing (Pengasuhan Anak. Pola Asuh) L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC251 Pendidikan karakter |
| Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
| Depositing User: | Mrs Kurnia |
| Date Deposited: | 08 Dec 2025 05:10 |
| Last Modified: | 08 Dec 2025 05:10 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1185 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

