Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Nahwu Siswa Kelas II MTI Candung Tahun Pelajaran 2018/2019

Putri Novrilia Handayani, 2115160 (2019) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Nahwu Siswa Kelas II MTI Candung Tahun Pelajaran 2018/2019. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
cover skripsi-putri-novrilia-handayani.pdf

Download (15kB)
[img] Text
abstrak skripsi-putri-novrilia-handayani.pdf

Download (14kB)
[img] Text
e9dc8-skripsi-putri-novrilia-handayani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Kurangnya partisipasi peserta didik dalam pembelajaran nahwu dan proses pembelajaran nahwu yang masih berpusat pada guru di kelas II MTI Candung dikarenakan peserta didik kurang berinteraksi dalam pembelajaran. Peserta didik kurang terampil menjawab pertanyaan atau bertanya tentang pembahasan yang diajarkan, kurang memiliki motivasi untuk belajar dan kurang bisa bekerja sama dalam kelompok diskusi dan pemecahan masalah, peserta didik hanya bertindak sebagai penerima materi dan hal tersebut berpengaruh terhadap nilai atau hasil belajar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah menerapkan model pembelajaran kooperatif Jigsaw, karena dengan model ini peserta didik tidak hanya belajar tapi juga mengajar kepada peserta didik lainnya, sehingga dapat berpengaruh terhadap hasil belajar dan meningkatkan motivasi untuk belajar. Hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar nahwu siswa kelas II MTI Candung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi eksperimen) dan rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Only Pascatest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas II MTI Candung yang terdaftar pada tahun pelajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik Random Sampling dan didapat kelas II4 sebagai kelas eksperimen dan kelas II3 sebagai kelas kontrol. Setelah dilakukan penelitian diperoleh hasil belajar nahwu siswa kelas eksperimen yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw memiliki nilai rata-rata 67,89. Sementara pada kelas kontrol hasil belajar siswa memiliki nilai rata-rata 55,89. Hasil analisis data yang diperoleh, nilai ttabel = 2,02 sedangkan dari perhitungan diperoleh nilai thitung = 8,82. Jadi thitung > ttabel atau 8,82 > 2.02, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar nahwu siswa kelas II di MTI Candung Tahun Pelajaran 2018/2019 antara siswa yang dibelajarkan melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan dibelajarkan tanpa melalui model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw pada kelas II di MTI Candung

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar Nahwu.
Subjects: H Ilmu Sosial > H Ilmu Sosial (Umum)
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
P Bahasa dan Sastra > PJ Semitic
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1062 Psikologi Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Kurnia
Date Deposited: 08 Dec 2025 08:23
Last Modified: 08 Dec 2025 08:23
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1202

Actions (login required)

View Item View Item