Keaktifan Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Advance Organizer pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Luhak Nan Duo Pasaman Barat

Septia Rara Anggesta, 2120181 (2025) Keaktifan Belajar Peserta Didik dengan Menggunakan Model Advance Organizer pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 2 Luhak Nan Duo Pasaman Barat. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Septia Rara Anggesta 2120181 cover.pdf

Download (213kB)
[img] Text
Septia Rara Anggesta 2120181 abstrak.pdf

Download (315kB)
[img] Text
Septia Rara Anggesta 2120181 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keaktifan belajar peserta didik dalam proses pembelajaran, hal ini dapat dilihat pada proses pembelajaran yang didominasi oleh guru, dimana siswa hanya mendengarkan, mencatat dan menghafal informasi yang diberikan guru. Hal ini menyebabkan rendahnya partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Banyak siswa yang pasif, tidak antusias, kurang bertanya, serta tidak menunjukkan ketertarikan untuk menggali lebih dalam materi yang diajarkan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana tingkat Keaktifan Belajar Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Advance Organizer Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Luhak Nan Duo Pasaman Barat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini terdiri atas 2 (dua) variabel yaitu variabel bebas (independence variable) Model Advance Organizer dan variabel terikat (dependent variable) keaktifan belajar. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket keaktifan belajar, yang diisi oleh peserta didik dan lembar observasi yang diisi oleh pendidik/pengamat. Jumlah populasi penelitian ini 120 orang peserta didik dan sampel penelitian ini sebanyak 21 orang peserta didik dengan teknik pengampilan sampel yang digunakan yaitu pusposive sampling. Berdasarkan teknik analisis data, menunjukkan bahwa model advance organizer pada pembelajaran PAI dapat meningkatkan keaktifan belajar peserta didik, hal ini dapat dilihat pada indikator keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan dengan persentase 82%, pada indikator keaktifan siswa dalam mengerjakan soal di depan kelas dengan persentase 75%, pada indikator keaktifan siswa dalam mengemukakan pendapat dengan persentase 75%, dan pada indikator keaktifan siswa dalam menjawab pertanyaan dengan persentase 75%, dengan rata-rata 76,75%. Dari data tersebut dapat dikatakan bahwa keaktifan belajar siswa dengan menggunakan model advance organizer berada pada interval (76-100%) dengan interprestasi “Sangat Aktif” Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 2 Luhak Nan Duo Pasaman Barat.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Model Pembelajaran, Model Advance Organizer, Keaktifan Belajar
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1049-1050.7 Keterampilan Belajar
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 11 Dec 2025 01:08
Last Modified: 11 Dec 2025 01:08
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1232

Actions (login required)

View Item View Item