Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Keaktifan Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VII MTsM Muara Panas

Annisa Auliya, 2120008 (2025) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) terhadap Keaktifan Belajar Akidah Akhlak Siswa Kelas VII MTsM Muara Panas. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Annisa Auliya 2120008 cover.pdf

Download (9kB)
[img] Text
Annisa Auliya 2120008 abstrak.pdf

Download (342kB)
[img] Text
Annisa Auliya 2120008 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa kelas VII pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsM Muara Panas. Hal ini terlihat dari sikap siswa selama proses pembelajaran, seperti tidak memperhatikan guru ketika menjelaskan materi, mengobrol dengan teman, meribut, mengantuk dan merasa bosan ketika belajar. Oleh karena itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa, salah satunya model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan model pembelajaran think pair share (tps) terhadap keaktifan belajar Akidah Akhlak siswa kelas VII MTsM Muara Panas. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode Quasi Eksperimen dengan desain Post-test Only Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket yang diisi oleh siswa dan lembar observasi yang diisi oleh pengamat. Jumlah populasi penelitian ini 117 orang siswa dan sampel sebanyak 56 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu Non Probability Sampling Purposive Sampling. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, maka hasil penelitian ini adalah. Pertama, keaktifan belajar siswa kelas VII MTsM Muara Panas tanpa menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) memperoleh nilai rata-rata 67,51 pada rentangan 61%-80% kualifikasi aktif sedangkan untuk observasi yang diisi oleh pengamat memperoleh rata-rata 68,96 pada rentangan 61%-80% kualifikasi aktif. Kedua, keaktifan belajar siswa kelas VII MTsM Muara Panas dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) memperoleh nilai rata-rata 81,21 pada rentangan 81%-100% kualifikasi sangat aktif sedangkan untuk observasi yang diisi oleh pengamat memperoleh rata-rata 81,09 pada rentangan 81%-100% kualifikasi sangat aktif. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap keaktifan belajar siswa kelas VII MTsM Muara Panas hal tersebut diperkuat dengan perolehan hasil pengujian hipotesis dengan taraf signifikan 0,05 didapatkan hasil Sig <.001 untuk angket yang diisi siswa dan lembar observasi yang diisi oleh pengamat nilai sig 0,002, hal ini menunjukkan terdapat pengaruh yang bermakna terhadap perbedaan perlakuan yang diberikan pada masing-masing variabel. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penggunaan model pembelajaran Think Pair Share (Tps) terhadap keaktifan belajar siswa pada pembelajaran Akidah Akhlak kelas VII MTsM Muara Panas.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Pengaruh, Model Pembelajaran, Think Pair Share (TPS)
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 11 Dec 2025 01:41
Last Modified: 11 Dec 2025 01:41
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1233

Actions (login required)

View Item View Item