Pengaruh Penggunaan Ruang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) terhadap Kompetensi Guru PAI Sekolah Dasar di Kecamatan Pauh Kota Padang

Nira Fikayanti, 2121124 (2025) Pengaruh Penggunaan Ruang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) terhadap Kompetensi Guru PAI Sekolah Dasar di Kecamatan Pauh Kota Padang. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Nira Fikayanti 2121124 cover.pdf

Download (206kB)
[img] Text
Nira Fikayanti 2121124 abstrak.pdf

Download (531kB)
[img] Text
Nira Fikayanti 2121124 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya penggunaan Ruang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). Pemanfaatan teknologi dalam pengelolaan dan pengembangan kompetensi guru telah menjadi kebutuhan penting di era digital, salah satunya melalui platform Ruang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK). Namun, dalam praktiknya masih ditemukan berbagai kendala, seperti kurangnya pemahaman guru terhadap fitur dan fungsi Ruang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), minimnya pelatihan atau pendampingan dalam penggunaannya, serta keterbatasan waktu yang kondusif untuk memahami dan mengakses platform tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan Ruang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) terhadap kompetensi guru PAI sekolah dasar di Kecamatan Pauh, Kota Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 35 orang. Teknik pengambilan sampelnya yaitu total sampling. Data dikumpulkan melalui angket dengan skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, analisis deskriptif, dan korelasi pearson. Koefisien korelasi (R)=0,267 menunjukkan hubungan positif tetapi lemah antara penggunaan Ruang GTK dan kompetensi guru PAI. Koefisien determinasi (R Square)=0,071 artinya hanya 7,1% perubahan kompetensi guru yang dapat dijelaskan oleh penggunaan Ruang GTK. Nilai signifikansi (p-value)=0,121 nilai ini lebih besar dari 0,05, sehingga hubungan yang ditemukan tidak signifikan secara statistik. Karena nilai signifikansi (0,121)>0,05, maka keputusan yang diambil adalah H₀ diterima dan Hₐ ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan Ruang GTK terhadap kompetensi guru PAI Sekolah Dasar. Meskipun arah hubungan bersifat positif (r=0,267), namun pengaruhnya lemah dan tidak cukup kuat untuk disimpulkan sebagai hubungan yang signifikan. Oleh karena itu, perlu pelatihan berkelanjutan dan dukungan teknis agar pemanfaatannya lebih efektif dalam pengembangan profesional guru.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Ruang Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK), Kompetensi Guru
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1775 Bimbingan Vokasi, Pelatihan Guru
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 11 Dec 2025 02:01
Last Modified: 11 Dec 2025 02:01
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1234

Actions (login required)

View Item View Item