Tri Diva Indryani, 3721010 (2025) Analisis Strategi Pemasaran pada Usaha Industri Rumahan Tahu Kasdi di Nagari Limbanang Kecamatan Suliki Kabupaten Limapuluh Kota dengan Perspektif Bisnis Syariah. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.
|
Text
Tri Diva Indryani 3721010 cover.pdf Download (19kB) |
|
|
Text
Tri Diva Indryani 3721010 abstrak.pdf Download (109kB) |
|
|
Text
Tri Diva Indryani 3721010 full.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis strategi pemasaran industri rumahan tahu kasdi di Nagari Limbanang kecamatan Suliki kabupaten Limapuluh Kota dengan menggunakan metode Analisis SWOT yaitu strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman) yang bertujuan untuk meningkatkan omset penjulan melalui promosi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah menggunakan data primer dan sekunder. Pada pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis strategi pemasaran suatu industri rumahan dengan model analisis SWOT pada Industri Rumahan Tahu Kasdi Di Nagari Limbanang Kecamatan Suliki Kabupaten Limapuluh Kota dalam pemasaran dan kendala yang dihadapi. Hasil penelitian ini yaitu dalam mengembangkan usaha industri rumahan tahu kasdi di Nagari Limbanang dapat memanfaatkan seluruh peluang dan meminimalkan kelemahan dan ancaman pada industri rumahan tahu kasdi di Nagari Limbanang. Peluang yang ada yaitu: pertama kecenderungan selera masyarakat untuk mengkonsumsinya, kedua tingginya tingkat belanja masyarakat Limbanang, ketiga promosi melalui media social dan masyarakat. Sedangkan kekuatannya yaitu: pertama kualitas tahu yang terjamin, kedua harga produk yang ditetapkan terjangkau, ketiga tempat yang terjangkau oleh masyarakat. Dan meminimalisir ancaman dan kelemahan, ancaman yaitu: pertama naiknya harga bahan baku, kedua memiliki pesaing lokal, ketiga pesaing memiliki teknologi yang mendukung, sedangkan kelemahan yaitu:pertama tidak adanya pilihan produk, kedua harga bahan baku yang tidak stabil, ketiga promosi yang tidak meluas.
| Item Type: | Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana) |
|---|---|
| Keywords: | Strategi Pemasaran, Analisis SWOT |
| Subjects: | B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP173.75 Ekonomi Islam H Ilmu Sosial > HF Perdagangan > HF5410 Pemasaran, Distribusi produk |
| Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
| Depositing User: | Mrs - Savira Suaida |
| Date Deposited: | 11 Dec 2025 02:17 |
| Last Modified: | 11 Dec 2025 02:17 |
| URI: | http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1235 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |

