Analisis Strategi Pemasaran pada Usaha Industri Rumahan Tahu Kasdi di Nagari Limbanang Kecamatan Suliki Kabupaten Limapuluh Kota dengan Perspektif Bisnis Syariah

Tri Diva Indryani, 3721010 (2025) Analisis Strategi Pemasaran pada Usaha Industri Rumahan Tahu Kasdi di Nagari Limbanang Kecamatan Suliki Kabupaten Limapuluh Kota dengan Perspektif Bisnis Syariah. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Tri Diva Indryani 3721010 cover.pdf

Download (19kB)
[img] Text
Tri Diva Indryani 3721010 abstrak.pdf

Download (109kB)
[img] Text
Tri Diva Indryani 3721010 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis strategi pemasaran industri rumahan tahu kasdi di Nagari Limbanang kecamatan Suliki kabupaten Limapuluh Kota dengan menggunakan metode Analisis SWOT yaitu strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman) yang bertujuan untuk meningkatkan omset penjulan melalui promosi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Jenis data yang digunakan adalah menggunakan data primer dan sekunder. Pada pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis strategi pemasaran suatu industri rumahan dengan model analisis SWOT pada Industri Rumahan Tahu Kasdi Di Nagari Limbanang Kecamatan Suliki Kabupaten Limapuluh Kota dalam pemasaran dan kendala yang dihadapi. Hasil penelitian ini yaitu dalam mengembangkan usaha industri rumahan tahu kasdi di Nagari Limbanang dapat memanfaatkan seluruh peluang dan meminimalkan kelemahan dan ancaman pada industri rumahan tahu kasdi di Nagari Limbanang. Peluang yang ada yaitu: pertama kecenderungan selera masyarakat untuk mengkonsumsinya, kedua tingginya tingkat belanja masyarakat Limbanang, ketiga promosi melalui media social dan masyarakat. Sedangkan kekuatannya yaitu: pertama kualitas tahu yang terjamin, kedua harga produk yang ditetapkan terjangkau, ketiga tempat yang terjangkau oleh masyarakat. Dan meminimalisir ancaman dan kelemahan, ancaman yaitu: pertama naiknya harga bahan baku, kedua memiliki pesaing lokal, ketiga pesaing memiliki teknologi yang mendukung, sedangkan kelemahan yaitu:pertama tidak adanya pilihan produk, kedua harga bahan baku yang tidak stabil, ketiga promosi yang tidak meluas.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Strategi Pemasaran, Analisis SWOT
Subjects: B Filosofi. Psikologi. Agama > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc > BP173.75 Ekonomi Islam
H Ilmu Sosial > HF Perdagangan > HF5410 Pemasaran, Distribusi produk
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 11 Dec 2025 02:17
Last Modified: 11 Dec 2025 02:17
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1235

Actions (login required)

View Item View Item