Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Sijunjung

Fazila Nawasyaira, 2421077 (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Sijunjung. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Fazila Nawasyaira 2421077 cover.pdf

Download (257kB)
[img] Text
Fazila Nawasyaira 2421077 abstrak.pdf

Download (249kB)
[img] Text
Fazila Nawasyaira 2421077 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang ditemukan di kelas VII SMP Negeri 12 Sijunjung yaitu rendahnya motivasi dan hasil belajar matematika siswa hal ini diduga karna model pembelajaran yang digunakan masih berpusat pada guru dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengetahui pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 12 Sijunjung, dan 2) mengetahui pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 12 Sijunjung. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian mencakup seluruh kelas VII SMP Negeri 12 Sijunjung yang terdiri dari tiga kelas. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini yaitu dengan teknik Cluster Random Sampling, yang didahului oleh uji normalitas dan uji homogenitas pada kelas populasi. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas VII 1 sebagai kelas eksperimen dan VII 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian diperoleh melalui angket motivasi belajar dan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa 1) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap motivasi belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 12 Sijunjung. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji t dengan nilai thitung > ttabel yaitu 2,154 > 1,67, dengan software minitab diperoleh nilai Pvalue = 0,018, yang berarti Pvalue < 0,05 sehingga H0 ditolak. 2) Terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 12 Sijunjung. Hal ini ditunjukkan oleh hasil uji t diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu 3,7 > 1,67, dengan software minitab diperoleh nilai Pvalue = 0,000, yang berarti Pvalue < 0,05 sehingga H0 ditolak.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Model Pembelajaran Think Pair Share, Motivasi, Hasil Belajar
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
B Filosofi. Psikologi. Agama > BF Psychology > BF501 Motivasi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 12 Dec 2025 03:18
Last Modified: 12 Dec 2025 03:18
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1244

Actions (login required)

View Item View Item