Implementasi Strategi Pembelajaran Edutainment untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas V di SDN 04 Ganggo Hilia

Melysa Ayudra, 2121281 (2025) Implementasi Strategi Pembelajaran Edutainment untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas V di SDN 04 Ganggo Hilia. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Melysa Ayudra 2121281 cover.pdf

Download (16kB)
[img] Text
Melysa Ayudra 2121281 abstrak.pdf

Download (880kB)
[img] Text
Melysa Ayudra 2121281 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pengimplementasian strategi edutainment di SDN 04 Ganggo Hilia khususnya pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti menawarkan keunikan melalui pendekatan interaktif yang mereka gabungkan dengan penggunaan teknologi dalam memfasilitasi pelaksanaan strategi edutainment. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi strategi pembelajaran edutainment pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas V di SDN 04 Ganggo Hilia dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi guru dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran edutainment pada mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti kelas V di SDN 04 Ganggo Hilia. Strategi edutainment adalah strategi pembelajaran yang dalam pengaplikasiannya menggabungkan pelaksanaan pembelajaran dengan hiburan sehingga pembelajaran dapat dilaksanakan dengan lebih menyenangkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan utama adalah guru PAI dan Budi Pekerti, sementara informan pendukung adalah siswa kelas V. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dengan validasi menggunakan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Perencanaan yang matang adalah kunci utama dalam menerapkan strategi pembelajaran edutainment. Prosesnya dimulai dengan menetapkan tujuan yang spesifik dan memahami karakteristik siswa termasuk minat dan gaya belajar mereka. Berbekal informasi tersebut, guru dapat merancang modul pembelajaran yang menarik dan interaktif, yang diisi dengan elemen-elemen seperti kuis dan permainan edukatif. Pada tahap pelaksanaan, beragam metode kreatif seperti permainan, kuis, video, musik, dan bahkan tutor sebaya digunakan untuk memastikan materi mudah dipahami dan siswa tetap termotivasi, dengan menempatkan siswa sebagai subjek pembelajaran yang aktif dan partisipatif dalam suasana humanis. Terakhir, evaluasi dilakukan melalui pemberian tugas pribadi untuk mengukur pemahaman materi kompleks, serta observasi dan evaluasi formatif untuk memantau partisipasi dan respons siswa terhadap lingkungan belajar yang menyenangkan, memastikan strategi ini efektif dalam menciptakan pengalaman belajar yang menyeluruh, menyenangkan, dan inklusif. Penerapan strategi pembelajaran edutainment menghadapi kendala di setiap tahap: kesulitan dalam merelevansikan materi dengan hiburan saat perencanaan, hambatan teknis seperti akses internet dan kualitas sinyal saat pelaksanaan, serta tantangan dalam mengukur aspek kognitif dan afektif serta merancang instrumen evaluasi.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Implementasi, Strategi Pembelajaran Edutainment, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1501 Pendidikan dasar
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB 1027.8 Teaching (Pengajaran)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 16 Dec 2025 02:38
Last Modified: 16 Dec 2025 02:38
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1272

Actions (login required)

View Item View Item