Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP N 1 IV Koto

Wahyu Siska, 2620011 (2025) Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP N 1 IV Koto. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Wahyu Siska 2620011 cover.pdf

Download (255kB)
[img] Text
Wahyu Siska 2620011 abstrak.pdf

Download (328kB)
[img] Text
Wahyu Siska 2620011 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam peran guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam upaya meningkatkan prestasi belajar siswa di SMP N 1 IV Koto. Peran Guru BK dianggap krusial mengingat tantangan akademik dan non-akademik yang dihadapi siswa memengaruhi capaian belajar mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data primer diperoleh melalui wawancara dengan informan kunci, yaitu Guru Bimbingan dan Konseling dan pihak terkait lainnya (Koordinator atau informan lain yang disebutkan dalam lampiran). Data pendukung dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi, termasuk data prestasi belajar (nilai semester) siswa. Hasil penelitian mengindikasikan bahwa Guru BK di SMP N 1 IV Koto menjalankan berbagai peran yang signifikan, yang dikelompokkan dalam layanan bimbingan dan konseling. Layanan ini meliputi bimbingan belajar, konseling individual, layanan informasi, dan kegiatan pendukung lainnya yang berfokus pada pengembangan keterampilan belajar, motivasi, dan mengatasi kendala pribadi/belajar siswa. Pemantauan perkembangan belajar siswa dilakukan pasca-layanan untuk memastikan keberhasilan intervensi. Meskipun demikian, terdapat kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan peran tersebut, seperti keterbatasan waktu, rasio guru-siswa, atau tantangan dalam membangun keterbukaan siswa. Secara umum, kehadiran dan layanan Guru BK dinilai nyaman dan membantu siswa dalam memecahkan masalah pribadi maupun kesulitan belajar, yang pada akhirnya berkontribusi positif terhadap peningkatan prestasi belajar. Rekomendasi dari penelitian ini menekankan pentingnya peningkatan kolaborasi antara Guru BK dengan orang tua dan guru mata pelajaran, serta pengembangan metode komunikasi dan layanan yang lebih inovatif agar peran Guru BK dapat lebih optimal dalam mendukung capaian akademik siswa di masa depan.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Peran Guru BK, Bimbingan dan Konseling, Prestasi Belajar Siswa
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1027.5 Bimbingan dan Konseling Siswa
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 16 Dec 2025 08:48
Last Modified: 16 Dec 2025 08:48
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1276

Actions (login required)

View Item View Item