Penerapan Teknologi Digital Platform E-Learning dalam Pendidikan Agama Islam pada Fase D Kelas VIII di SMP N 3 Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman

Sofiyanita Irawan, 2121052 (2025) Penerapan Teknologi Digital Platform E-Learning dalam Pendidikan Agama Islam pada Fase D Kelas VIII di SMP N 3 Kecamatan Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Sofiyanita Irawan 2121052 abstrak.pdf

Download (241kB)
[img] Text
Sofiyanita Irawan 2121052 cover.pdf

Download (59kB)
[img] Text
Sofiyanita Irawan 2121052 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitin ini dilatar belakangi oleh pentingnya Penerapan Teknologi Digital Platform E Learning Dalam Pendidikan Agama Islam. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Penerapan Teknologi Digital Platform E Learning Dalam Pendidikan Agama Islam Pada Fase D Kelas VIII Di SMP N 3 Kec. Lubuk Sikaping Kabupaten Pasaman. Untuk mengetahui faktor penghambat Penerapan Teknologi Digital Platform E Learning Dalam Pendidikan Agama Islam dimana ditemukan permasalahan ketika dilakukan observasi yang dilakukan oleh peneliti yaitu keterbatasan guru dalam mengintegrasikan teknologi digital platform e learning, penerapan platform digital e learning yang tidak sesuai dengan langkah-langkah yang tepat, ditandai dengan penggunaan platform tanpa analisis kebutuhan dan perencanaan matang, menyebabkan berbagai kendala dalam pembelajaran seperti rendahnya tingkat keaktifan peserta didik yang terlihat dari minimnya keaktifan, kurangnya partisipasi dalam pembelajaran dan diskusi, sehingga berdampak negatif pada kualitas dan tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif research dengan menjadikan guru PAI sebagai informan kunci, wakil kurikulum dan peserta didik sebagai informan pendukung. Teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini mengungkapkan beberapa penerapan penggunaan e learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam berupa workshop pengenalan fitur teknologi pembelajaran seperti canva, kahoot, google form dengan mengoptimalkan fitur² gratis yang tersedia. Penerapan teknologi digital dalam pembelajaran pendidikan agama Islam melalui platform e learning memberikan berbagai keuntungan, seperti fleksibilitas waktu, akses materi yang lebih beragam, interaksi yang lebih intensif antara siswa dan guru, serta evaluasi yang cepat dan akurat. Dengan teknologi digital dalam e learning dapat meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan agama Islam secara signifikan menjadikannya lebih efektif, efisien, dan menarik, sekaligus memperkaya keterampilan digital siswa untuk masa depan.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Faktor-Faktor, Pembelajaran Siswa, Mata Pelajaran PAI
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Sains > QA Matematika > QA76 Computer software
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 17 Dec 2025 02:15
Last Modified: 17 Dec 2025 02:15
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1279

Actions (login required)

View Item View Item