Pengaruh Metode Pembelajaran Buzz Group terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 6 Pariaman Tahun Pelajaran 2022/2023

Miahelvina, 2418002 (2023) Pengaruh Metode Pembelajaran Buzz Group terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII SMPN 6 Pariaman Tahun Pelajaran 2022/2023. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Miahelvina 2418002 cover.pdf

Download (240kB)
[img] Text
Miahelvina 2418002 abstrak.pdf

Download (336kB)
[img] Text
Miahelvina 2418002 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 6 Pariaman menjadi latar belakang penelitian ini. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa adalah dengan menggunakan metode pembelajaran Buzz Group. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh signifikan metode Buzz Group terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 6 Pariaman Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan metode Buzz Group terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 6 Pariaman Tahun Pelajaran 2022/2023. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “terdapat pengaruh signifikan metode Buzz Group terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 6 Pariaman Tahun Pelajaran 2022/2023”. Jenis penelitian ini adalah penelitian pra-eksperimen dengan rancangan penelitian The Static Group Comparison Design: Randomized Control-Group Only Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 6 Pariaman Tahun Pelajaranan 2022/2023. Untuk mendapatkan sampel menggunakan random sampling, maka terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII.4 dan kelas kontrol adalah kelas VIII.2. Instrumen yang digunakan adalah kemampuan pemecahan masalah yang diberikan kepada kedua kelas sampel. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t. Berdasarkan hasil tes yang telah dilakukan, diperoleh bahwa nilai rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen adalah 73,95 sedangkan rata-rata hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas kontrol adalah 53,89. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan a = 0,05 pada selang kepercayaan 95% diperoleh t-hitung (3,38) > t-tabel (1,67) maka keputusannya H0 ditolak dan H1 diterima, artinya terdapat pengaruh signifikan metode Buzz Group terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII SMPN 6 Pariaman Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Metode Pembelajaran Buzz Group, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
Q Sains > QA Matematika
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB 1027.8 Teaching (Pengajaran)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 18 Dec 2025 02:46
Last Modified: 18 Dec 2025 02:46
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1307

Actions (login required)

View Item View Item