Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining terhadap Minat Belajar PAI Siswa SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi

Khairunnisa, 2121016 (2025) Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining terhadap Minat Belajar PAI Siswa SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Khairunnisa 2121016 cover.pdf

Download (329kB)
[img] Text
Khairunnisa 2121016 abstrak.pdf

Download (780kB)
[img] Text
Khairunnisa 2121016 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya minat dan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran PAI di SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi. Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru PAI, diketahui bahwa meskipun proses pembelajaran telah dilakukan secara terstruktur dan telah menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning, namun sebagian siswa menunjukkan sikap pasif, kurang fokus, tidak mengerjakan tugas, tidak mencatat materi, serta tidak aktif dalam diskusi kelompok. Beberapa siswa terlihat melamun, berbicara dengan teman sebangku, hingga ada yang tertidur didalam kelas. Hal ini menunjukkan rendahnya minat belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran PAI. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besaran Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining terhadap Minat Belajar PAI Siswa Kelas VIII Pada Materi Toleransi Dan Menghargai Perbedaan di SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi. Metode yang digunakan dalam penelitian ialah metode kuantitatif dengan jenis penelitian kuasi eksperimen dan desain penelitiannya adalah nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 195 siswa dan sampelnya yang terdiri dari kelas 8 C 28 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas 8 B sebanyak 28 orang sebagai kelas kontrol. Dalam penelitian ini peneliti menjelaskan Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining terhadap Minat Belajar PAI Siswa SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi. Tekhnik pengumpulan data diambil melalui angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dan uji hipotesis dalam melihat Pengaruh Model Student Facilitator And Explaining terhadap Minat Belajar PAI Siswa SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi didapati nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,652 < 0,05 dan Thitung > Ttabel dengan nilai 0,454 > 2,004. Sesuai dengan pengambilan keputusan uji hipotesis, apabila sig.(2-tailed) < 0,05 dan t-hitung > t-tabel maka H0 ditolak Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwasanya penerapan Model Student Facilitator And Explaining tidak memiliki pengaruh yang signifikan Terhadap Minat Belajar PAI Siswa kelas VIII Pada Materi Toleransi Dan Menghargai Perbedaan Di SMP Islam Al-Ishlah Bukittinggi.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Pengaruh, Model Student Facilitator and Explaining, Minat Belajar
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB 1027.8 Teaching (Pengajaran)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 19 Dec 2025 07:49
Last Modified: 19 Dec 2025 07:49
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1318

Actions (login required)

View Item View Item