Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa SMPN 2 Bukittinggi

Yasmi Anjeli, 2121018 (2025) Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa SMPN 2 Bukittinggi. Sarjana thesis, Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi.

[img] Text
Yasmi Anjeli 2121018 cover.pdf

Download (204kB)
[img] Text
Yasmi Anjeli 2121018 abstrak.pdf

Download (276kB)
[img] Text
Yasmi Anjeli 2121018 full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Saat ini manusia berada dalam budaya krisis spiritual, hal ini dibuktikan dengan materialisme, ketergesaan, egois, serta kehilangan makna dan komitmen. Oleh karena itu peningkatan kecerdasan spiritual harus selalu dilakukan terutama kepada siswa yang akan memegang kendali masa depan. SMPN 2 Bukittinggi merupakan salah satu sekolah berorientasi pada peningkatan kecerdasan spiritual. Guru pendidikan Agama Islam memiliki peran yang sangat penting untuk mewujudkan peningkatan kecerdasan spiritual. Berdasarkan hal tersebut peneliti membuat penelitian dengan judul Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual SiswaSMPN 2 Bukittinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan peningktan kecerdasan spiritual siswa di SMPN 2 Bukittinggi dengan fokus penelitian mencakup: (1) bentuk pelaksanaan peningkatan kecerdasan spiritual siswa di SMPN 2 Bukittinggi, (2) peran guru pendidikan Islam dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMPN 2 Bukittinggi, dan (3) evaluasi pelaksanaan kecerdasan spiritual siswa di SMPN 2 Bukittinggi. Penelitian ini menggunakan pendekatan jenis kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan triangulasi dan menggunakan berbagai sumber teori dan metode. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa, (1) Bentuk pelaksanaan peningkatan kecerdasan spiritual siswa di SMPN 2 Bukittinggi dilakukan melalui kegiatan keagamaan dan pembelajaran di dalam kelas. (2) Peran guru dalam meningkatkan kecerdasan spiritual siswa di SMPN 2 Bukittinggi adalah sebagai pengajar, pendidik, motivator, dan model. (3) Evaluasi pelaksanaan peningkatan kecerdasan spiritual siswa dilihat dari bentuk kesulitan yang dihadapi, dari faktor pendukung dilaksanakannya peningkatan kecerdasan spiritual, dari media, metode dan sumber belajar, serta dari tingkat penguasaan siswa.

Item Type: Skripsi/Thesis/Disertasi (Sarjana)
Keywords: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Peningkatan Kecerdasan
Subjects: L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB1603 Pendidikan menengah. Sekolah Menengah Atas
L Pendidikan > LC Aspek khusus pendidikan > LC901 Pendidikan Islam
L Pendidikan > LB Teori dan praktek pendidikan > LB 1027.8 Teaching (Pengajaran)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs - Savira Suaida
Date Deposited: 22 Dec 2025 02:16
Last Modified: 22 Dec 2025 02:16
URI: http://repository.uinbukittinggi.ac.id/id/eprint/1320

Actions (login required)

View Item View Item